Bola Internasional

4 Bintang Dunia Alumni Piala Dunia U-20

Kamis, 24 Oktober 2019 17:58 WIB
Editor: Juni Adi
© FIFA
Trofi Piala Dunia U-20. Copyright: © FIFA
Trofi Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Sebuah sejarah tercipta untuk sepak bola Indonesia hari ini, Kamis (24/10/19) setelah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Kabar bahagia itu diumumkan langsung oleh federasi sepak bola dunia, FIFA lewat Presidennya, Gianni Infantino dalam acara FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, China.

"Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia. Selamat, selamat untuk Indonesia," kata Infantino saat jumpa pers yang digelar usai acara.

Itu artinya, Indonesia berhasil mengalahkan dua negara kuat lain yang juga mencalonkan diri yakni Brasil dan Peru. Peru akhirnya mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2021. 

Dan Infantino juga menyampaikan China sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021. Sedangkan Brasil, sudah mendapat jatah Piala Dunia U-17 tahun 2019 ini.

Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia meski hanya level usia muda, dan untuk pertama kalinya juga Timnas Indonesia kelompok umur akan berlaga di level tertinggi.

“Alhamdulillah. Akhirnya kerja keras kita semua berbuah hasil baik menjadi sejarah bagi sepakbola kita. Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia (U-20 2021),” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendoakan dalam proses biding kemarin. Teruntuk rekan-rekan di PSSI, we did it!,” sambungnya.

Ajang ini juga akan berdampak positif terhadap bakat-bakat muda Indonesia, guna menunjukan kualitasnya untuk menembus panggung sepak bola dunia atau Eropa.

Sebab, banyak pemain bintang top dunia saat ini yang meraih sukses berawal dari Piala Dunia U-20. Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya:

1. Lionel Messi (Argentina)

Lionel Messi merupakan salah satu talenta terbaik yang pernah bermain dalam ajang Piala Dunia U-20 tahun 2005 silam. Kala itu Messi berhasil membawa negaranya, Argentina lolos ke partai final.

Di final, Albiceleste mampu mengalahkan Nigeria dengan skor 2-1. Keberhasilan itu semakin lengkap, setelah Messi dinobatkan menjadi top skor dengan enam golnya. 

Setelah berlaga di Piala Dunia U-20, kualitasnya semakin meningkat terutama bersama Barcelona, hingga saat ini menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

2. Sergio Aguero (Argentina)

Setelah Lionel Messi, dua tahun setelahnya tepatnya di Piala Dunia U-20 2007Argentina kembali memunculkan salah satu talenta hebat, dalam diri Sergio Aguero. 

Penyerang Manchester City ini menjadi pilar utama dalam membawa Argentina lolos ke final, dan menjadi juara usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Aguero juga menjadi top skor dengan enam gol.

3. Paul Pogba (Prancis)

Tak hanya talenta muda dari Amerika Latin yang mampu menjadi bintang usai gelaran Piala Dunia U-20. Dari Eropa juga banyak pemain muda berbakat yang akhirnya menjadi pesepakbola hebat, usai tampi di turnamen dua tahunan tersebut.

Salah satunya adalah Paul Pogba. Gelandang Manchester United ini sukses membawa negaranya, Prancis menjadi juara Piala Dunia U-20 tahun 2013, setelah mengalahkan Uruguay lewat drama adu penalti.

4. Andres Iniesta (Spanyol)

Selain Paul Pogba, salah satu pemain muda bertalenta dari benua Eropa yang mendulang sukses setelah tampil di Piala Dunia U-20 adalah Andres Iniesta.

Iniesta membantu Spanyol di Piala Dunia U-20 2003 menembus final. Sayang, mantan kapten Barcelona itu kalah di laga final dari tangan Brasil 0-1.