Liga Indonesia

PT LIB Bongkar Alasan Ubah Format Babak 8 Besar Liga 2 2019

Kamis, 24 Oktober 2019 19:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Manajer Unit Media dan Public Relation PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni, mengungkap alasan format babak 8 besar Liga 2 2019 diubah. Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Manajer Unit Media dan Public Relation PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni, mengungkap alasan format babak 8 besar Liga 2 2019 diubah. Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Format babak delapan besar Liga 2 2019 dipastikan mengalami perubahan setelah dilakukan manager meeting dengan klub-klub peserta.

Manajer Unit Media dan Public Relation PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni, mengonfirmasi hal tersebut saat dihubungi INDOSPORT, Kamis (24/10/19).

Hanif menjelaskan, format babak delapan besar Liga 2 2019 akan menggunakan sistem home turnamen dengan setengah kompetisi, yang artinya dua tim teratas dari masing-masing grup dipastikan melaju ke semifinal. Hal itu mengalami perubahan dari format awal yang harusnya memakai sistem home dan away.

"Ini berdasarkan kesepakatan bersama antarmanajer kemarin. Grup A keberatan jika home and away terlalu jauh. Jadinya hanya sekali pertemuan dan masing masing-masing klub main tiga kali," jelas Hanif Marjuni.

Delapan tim peserta yang lolos ke babak delapan besar Liga 2 2019 di bagi dalam dua grup, yakni Persiraja, Persewar, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar di Grup A, sedangkan Persik Kediri, Persita Tangerang, Martapura FC dan PSMS Medan di Grup B.

Rencananya, laga mulai digelar pada 9-17 November mendatang di Sidoarjo (Grup A) dan Palembang (Grup B), dan masih dirundingkan dengan pihak tertentu terkait siaran langsung.

"Ini masih dirundingkan dengan pihak lain (soal siaran langsung) jadi kemungkinan awal November kick off," urai Hanif lagi.

Nantinya, dua tim teratas dari masing-masing grup berhak melaju ke babak semifinal dengan format single match yang rencananya akan digelar pada 21 November 2019. Sementara itu, babak perebutan tempat ketiga dan babak final rencana dihelat pada 25 November mendatang.