Bola Internasional

10 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Asia, Ada dari Indonesia?

Sabtu, 26 Oktober 2019 20:10 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Liga Champions Asia 2018/AFC Copyright: © INDOSPORT
Liga Champions Asia 2018/AFC

INDOSPORT.COM - Situs transfer internasional, Transfermarkt, baru-baru ini merilis daftar klub sepak bola Asia paling berharga. Ada dari Indonesia?

Seiring dengan perkembangan klub-klub dari Benua Asia, kiblat sepak bola pun kini kian beragam. Tadinya, para pesepakbola hanya memiliki impian untuk berkarier di Benua Eropa, kini sudah memiliki opsi lain.

Benua Asia pun secara perlahan-lahan mulai memikat para pesepakbola ternama. Hal ini tentu saja tak lepas dari kesuksesan klub Chinese Super League (CSL) yang memulai hal 'gila'.

Sebut saja Shanghai SIPG yang berani mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan Hulk dan Oscar. Adapula, Guangzhou Evergrande yang mendatangkan bintang asal Brasil lainnya, Paulinho.

Kesuksesan mengaet para pemain bintang nyatanya berbuah manis. Banyaknya sponsor yang masuk membuat klub-klub di Asia, khususnya China, kian berkembang dalam segi finansial.

Bukti nyata akan hal itu bisa dilihat dengan perkembangan klub CSL, Shanghai SIPG. Dalam laporan yang dirilis oleh Transfemarkt, klub Oscar dan Hulk ini menempati posisi puncak dengan nilai sebesar 87 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. Marko Arnautovic, Oscar, Hulk menjadi tiga pemain paling mahal.

Sedangkan di tempat kedua ada Guangzhou Evergrande yang memiliki nilai sebesar 76 juta euro atau setara Rp1,1 triliun. Paulinho, Talisca, dan Elkeson menjadi tiga pemain termahal.

Tepat satu garis di bawahnya, masih ditempati oleh klub asal CSL, Dalian Yifang yang berharga 68 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Kehadiran Yannick Carrasco, Marek Hamsik, Salomon Rondon membuat klub ini semakin berharga.

Sayangnya, dalam daftar ini tidak ada satu klub dari Indonesia yang terpampang. Berbanding terbalik dengan klub asal CSL yang sukses mendominasi dengan enam klub dalam daftar 10 besar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Transfermarkt (@transfermarkt_official) on