Bola Internasional

3 Alumni Piala Dunia U-20 2019, Ada Top Skor Liga Champions

Sabtu, 26 Oktober 2019 15:14 WIB
Editor: Juni Adi
© David Geieregger/SEPA.Media /Getty Images
Erling Haaland pemain muda yang mencetak hattrick di Liga Champions. Copyright: © David Geieregger/SEPA.Media /Getty Images
Erling Haaland pemain muda yang mencetak hattrick di Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola dunia, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, pada Kamis (24/10/19) kemarin.

Kabar bahagia itu diumumkan langsung oleh FIFA lewat Presidennya, Gianni Infantino dalam acara FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, China.

"Untuk FIFA World Cup U-20 pada 2021 akan digelar di Indonesia. Selamat, selamat untuk Indonesia," kata Infantino saat jumpa pers yang digelar usai acara.

Itu artinya, Indonesia berhasil mengalahkan dua negara kuat lain yang juga mencalonkan diri yakni Brasil dan Peru. Peru akhirnya mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2021. 

Ajang dua tahunan ini sendiri, merupakan salah satu kompetisi dunia yang paling banyak dipantau oleh pemandu bakat klub-klub sepak bola top Eropa.

Sebab, terdapat puluhan bakat muda dengan talenta luar biasa yang tampil. Tak jarang mereka yang pernah merasakan Piala Dunia U-20, berhasil melanjutkan kariernya dengan baik setelah direkrut oleh klub besar dunia.

Hal itu sudah dibuktikan dengan lahirnya Pual Pogba, Samuel Umtiti, Lionel Messi, Sergio Aguero, Thierry Henry hingga Michael Owen. Mereka adalah sederet pemain jebolan Piala Dunia U-20 yang sukses.

Tahun 2019 ini, Piala Dunia U-20 digelar di Polandia. Ukraina keluar sebagai juara setelah mengandaskan Korea Selatan 3-1. Beberapa nama jebolan Piala Dunia U-20 2019 pun kini sudah mentas di level senior. Siapa saja mereka?

1. Erling Braut Haaland (Norwegia)

Erling Braut Haaland adalah salah satu bakat terbaik jebolan Piala Dunia U-20 edisi 2019 lalu. Kemampuannya meningkat pesat saat memutuskan bergabung dengan klub Bundesliga Jerman, RB Salzburg. 

Keputusan tersebut diambil setelah pemantau bakat dari RB Salzburg melihat potensi yang dimiliki penyerang berusia 19 tahun itu di ajang tersebut, apalagi bakatnya semakin menonjol ketika dinobatkan sebagai top skor Piala Dunia U-20 2019 dengan sembilan gol.

Keahliannya dalam merobek jala gawang lawan berlanjut di level senior. Ia mampu membuat hattrick di ajang Liga Champions, saat melawan KRC Genk dengan skor akhir 6-2 untuk kemenangan RB Salzburg.

Saat ini, pemain asal Norwegia itu sudah mencetak 6 gol di Liga Champions, dan menjadi salah satu top skor bersaing dengan Mislav Orsic yang hanya terpaut satu gol (7 gol).

2. Andriy Lunin (Ukraina)

Keberhasilannya membawa Ukraina juara Piala Dunia U-20 2019, dan meraih penghargaan kiper terbaik, membuat Andriy Lunin kebagian berkahnya. 

Mulai dari dipanggil ke level senior untuk bermain di ajang Kualifikasi Euro 2020, hingga mendapat banyak tawaran dari klub top Eropa. Ia tercatat adalah pemain Real Madrid. Namun, karena minimnya jam terbang membuat Lunin hengkang ke Real Valladolid. 

3. Lee Kang-in (Korea Selatan)

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan sistem pembinaan usia muda yang sangat baik. Tak heran, timnas kelompok umur mereka selalu tampil memukau di ajang internasional seperti Piala Dunia U-20.

Bahkan tidak sedikit dari keikutsertaannya para pemain muda Korea Selatan yang tampil di Piala Dunia U-20, kini berkarier di Eropa bersama klub top dunia.

Salah satunya adalah Lee Kang-In. Ia merupakan jebolan Piala Dunia U-20 2019, yang kini bermain untuk Valencia di Liga Spanyol

Lee sukses meraih penghargaan pemain terbaik di Piala Dunia U-20 2019, namun gagal membawa negara menjadi juara setelah dikalahkan Ukraina di final dengan skor 1-3.