Bola Internasional

3 Pemain Asli Indonesia di Luar Negeri yang Layak Dipanggil Timnas untuk Piala Dunia U-20

Sabtu, 26 Oktober 2019 18:01 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 Copyright: © INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021

INDOSPORT.COM - Berikut 3 pemain asli Indonesia yang bermain di kompetisi luar negeri, dan layak dipanggil Timnas untuk memperkuat skuat Garuda di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Indonesia sendiri secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam acara FIFA Council Meetings di Shanghai, China, Kamis (24/10/19). 

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 usai mengalahkan Brasil dan Peru, dua negara besar yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam proses bidding.

Dengan resmi tampil di kejuaraan akbar sepak bola dunia kelas junior tersebut, Timnas Indonesia diwajibkan berbenah dan mempersiapkan diri secara maksimal agar tak menjadi pelengkap ataupun lumbung gol tim lawan.

Selain memilih pelatih berkelas, para pemain yang dipanggil pun harus memiliki kualitas prima agar bisa bersaing dengan para negara peserta, khususnya ketika bertanding dengan tim-tim Eropa yang dikenal punya postur di atas pemain Asia.

Untuk bisa mengimbangi permainan tim-tim Eropa, mungkin salah satu opsi yang dapat digunakan calon pelatih Timnas U-20 nanti adalah dengan memanggil para pemain lokal Tanah Air yang pernah berkarier di luar negeri.

Pasalnya dengan pengalaman dan pola latihan yang mereka terima saat mentas di luar, dapat memberikan dampak positif bagi para pemain lokal dan juga bisa memberi warna baru untuk permainan Timnas Indonesia.

Lantas siapa sajakah para pemain tersebut, berikut INDOSPORT coba merangkum deretan wonderkid asli Indonesia di luar negeri untuk Timnas Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Jack Brown (Inggris/Lincoln FC)

Pemain berusia 18 tahun tersebut memang mencuri perhatian terutama pada tahun 2010 silam, di mana wonderkid yang berposisi sebagai gelandang serang itu mampu meraih penghargaan Dubai School’s Player of the Year tiga tahun beruntun mulai dari 2010 hingga 2012.

Saat ini Jack Brown tengah bergabung dengan tim junior kasta ketiga Liga Inggris, Lincoln FC U-18 dan berhasil tampil gemilang dalam beberapa pertandingan.

Dirinya bahkan pernah mendapat panggilan untuk memperkuat tim senior Lincoln City, saat The Imps berhadapan dengan Nottingham Forest dan Derby County.

Dengan absennya Evan Dimas lantaran usianya telah melewati usia 20 tahun, maka kehadiran Jack Brown bisa mengisi lini tengah Timnas Indonesia dan bertindak sebagai pengatur serangan skuat Garuda.

Yussa Nugraha (Belanda/HBS Craeyenhout)

Nama berikutnya adalah Yussa Nugraha, pemain sayap yang kini memperkuat tim kasta keempat Liga Belanda HBS Craeyenhout ini juga tampil bersinar bersama klubnya musim ini.

Winger berusia 18 tahun tersebut berhasil melakukan debut tim senior HBS B di Derde Divisie Di (kasta keempat Liga Belanda), dan dari dua kali pertandingan ia mampu mencetak satu gol.

Catatan tersebut terbilang cukup impresif. Pasalnya mantan pemain Feyenoord kelahiran Solo ini sempat mengalami cedera dan mengharuskan absen dari sepak bola cukup lama. Namun ketika kembali merumput ia langsung bermain gemilang di Belanda.

Emir Eranoto (Italia/San Marco Juventina)

Pemain berusia 18 tahun tersebut tahun ini resmi menjadi bagian San Marco Juventina, salah satu klub di kasta keenam Liga Italia musim ini.

Bersama Juventina, pesepakbola yang berposisi sebagai gelandang ini tampil cukup impresif. Bahkan pada pertandingan teranyarnya, Emir Eranoto berkontribusi untuk kemenangan Juventina atas Mugnano.