Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 Babak 8 Besar: Misi Kembalinya Mitra Kukar

Sabtu, 26 Oktober 2019 18:32 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019 Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019

INDOSPORT.COM- Delapan tim Liga 2 2019 telah memastikan lolos ke babak selanjutnya guna memperebutkan tiket promosi. Salah satu tim yang berhasil, ialah Mitra Kukar.

Menempati peringkat keempat dalam zona Timur Liga 2 2019, Mitra Kukar hampir saja gagal melaju ke putaran selanjutnya. Beruntung, Persis Solo yang tepat berada satu garis di bawahnya hanya mampu meraih kemenangan 2-3 atas PSIM Yogyakarta.

Alhasil, Naga Mekes pun berhak melaju ke putaran selanjutnya menemani tiga tim lainnya dari wilayah Timur usai unggul selisih gol dari Persis Solo.

Di babak selanjutnya, Mitra Kukar akan berhadapan dengan tiga tim kuat lainnya untuk memperebutkan satu tiket ke putaran semifinal. Mulai dari Sriwijaya FC, Persewar Waropen dan Persiraja Banda Aceh.

Grup ini pun diprediksi akan berlangsung sengit, mengingat Persewar, Persiraja dan Sriwijaya merupakan tim teratas pada grupnya masing-masing di babak sebelumnya. 

Namun, diyakini Mitra Kukar akan tampil habis-habisan pada babak ini, mengingat target mereka ialah kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada musim depan.

Peta Kekuatan dan Skuat

© Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019 Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.officialProfil tim Mitra Kukar Liga 2 2019

Walau menorehkan catatan yang kurang apik dalam lima laga terakhirnya, Mitra Kukar tidak bisa diremehkan begitu saja.

Catatan delapan kemenangan, enam hasil imbang dan enam kekalahan memuluskan langkah Mitra Kukar ke babak selanjutnya. Terlebih, Naga Mekes merupakan salah satu tim yang paling jarang kebobolan dengan torehan 17 gol saja.

Sayang, catatan tersebut belum sebanding dengan rasio mencetak gol Mitra Kukar yang mentok di angka 17 gol saja. Sudah seharusnya Rafael Berges, selaku pelatih kepala, memperbaiki catatan tersebut.

Pemain Kunci: Atep

© Mitra Kukar
Atep eks Persib Bandung Copyright: Mitra KukarAtep eks Persib Bandung

Sarat akan pengalaman, membuat sosok Atep kian disegani pada lini tengah Mitra Kukar. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran pemain 34 tahun ini merupakan kunci utama di balik kesuksesan Naga Mekes melaju ke putaran selanjutnya.

Diyakini, pada babak selanjutnya Atep masih akan dipercaya untuk mengawal lini tengah Mitra Kukar bersama Ahmad Bustomi. Keduanya diharapkan bisa mengalirkan bola ke lini depan yang digawangi oleh Hendra Bayauw dan Rendy Siregar.

Pelatih: Rafael Berges Martin

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin

Kembalinya Rafael Berges ke kursi pelatih Mitra Kukar benar-benar menjadi angin segar untuk para pendukung Naga Mekes. Sang pelatih sendiri bukanlah nama yang asing untuk para pendukung Mitra Kukar.

Berges sendiri sejatinya memiliki catatan pahir bersama Mitra Kukar pada tahun 2018 silam. Kala itu, dirinya gagal membawa Naga Mekes menorehkan catatan positif, dan akhirnya mundur dari jabatannya sebagai pelatih.

Oleh karena itu, Berges pun kembali pada tahun 2019 ini untuk menebus kesalahan tersebut, serta mengembalikan Mitra Kukar ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Skuat Mitra Kukar:

Kiper: Gerry Mandagi, Ramadhan, M. Rizky Darmawan

Bek: Wiganda Pradika, Rendy Siregar, Zulchrizal Abdul Gamar, Achmad Faris Ardiansyah, Roni Fatahilah, M. Juanda Irawan, Firly Apriansyah, Hagi Permana, Rizky Ramadhan, Gilang Ginarsa

Tengah: Abdul Rohim, Ahmad Bustomi, Andre Agustiar Prakoso, Arif Suyono, Syahrono, M. Luthfi Kamal, Rifan Nahumarury, Atep, Hendra Bayauw, M. Bachtiar, Anindito Wahyu

Depan: Putra Aprilianto, M. Rafli Mursalim, Adi Nugroho, Rishadi Fauzi