Futsal

Road to Final Piala AFF Futsal 2019: Timnas Indonesia

Sabtu, 26 Oktober 2019 20:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Ical/Media FFI
Timnas futsal Indonesia menang atas Australia dengan skor 8-3. Copyright: © Ical/Media FFI
Timnas futsal Indonesia menang atas Australia dengan skor 8-3.

INDOSPORT.COM - Timnas Futsal Indonesia sukses melaju ke final Piala AFF Futsal 2019, usai mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3 di semifinal pada Jumat (25/10/19) di Phu Tho Indoor Stadium, Vietnam.

Timnas Futsa Indonesia sempat mendapat perlawanan sengit di awal-awal babak pertama. Meski begitu, mereka mampu unggul lebih dahulu melalui gol Firman Adriansyah pada menit ke-17. 

Enam menit berselang, Myanmar bisa menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol Naing Ye Kyaw menit ke-23. Skor imbang hanya bertahan lima menit, Indonesia kembali unggul melalui gol Andri Kustiawan menit ke-28 menjadi 2-1.

Pada menit ke-35, Timnas Futsal Indonesia menjauh menjadi 3-1 melalui gol, Muhammad Subhan menit ke-32. Tiga menit kemudian, Myanmar memperkecil skor menjadi 3-2 lewat gol Nyein Min Soe.

Skor menjadi 3-3 seletah di penguhujung laga Pyae Phyo Maung mencetak gol menit ke-40. Marvin Alex Wossiry keluar jadi pahlawan setelah mencetak gol menit ke-40 juga, dan mengubah skor jadi 4-3 hingga laga tuntas.

"Ini pertandingan semifinal, dan ini pertandingan yang menentukan juga untuk Indonesia dan Myanmar agar bisa dengan mudah lolos ke Piala Asia. Yang pasti Myanmar juga punya kualitas yang sangat baik," ucap pelatih Sayan Karmadi.

Sebelum berjuang di babak empat besar, Timnas Futsal Indonesia harus berjibaku terlebih dahulu di fase penyisihan grup B, yang dihuni oleh tim-tim sulit yakni Malaysia, Australia dan tuan rumah Vietnam.

Di pertandingan perdana, Bambang Bayu Saptaji dibuat kesulitan saat meladeni perlawanan Malaysia. Namun pada akhirnya Timnas Futsal Indonesia menang dengan skor 3-2.

Matchday ke-2 melawan Vietnam, Indonesia tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa bermain imbang 0-0. Hanya mengumpulkan 4 poin, membuat posisi Indonesia terjepit dan harus ditentukan di laga terakhir.

Beruntung saat melawan Australia, Indonesia mampu menang dengan skor telak 8-3. Hasil tersebut membuat mereka lolso ke seminal dengan status juara grup, dan di semifinal mereka menang 4-3 lawan Myanmar.

Di partai final sendiri, Timnas Futsal Indonesia dan akan menantang Thailand pada Minggu (27/10/19) mendatang di Phu Tho Indoor Stadium, Vietnam, pukul 17:00 WIB. Pencapaian itu juga sekaligus membawa Thailand dan Indonesia ke turnamen Piala Asia Futsal 2020 mendatang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%