Liga Indonesia

Cegah Polemik, PSSI Harus Tegaskan Kongres Pemilihan Tak Cacat Hukum

Minggu, 27 Oktober 2019 16:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kongres Pemilihan PSSI tinggal menghitung hari, namun menjelang kongres pemilihan sedikit masalah terjadi, termasuk salah satu Calon Ketua Umum, La Nyala Mattalitti, yang menarik diri.

Disinggung tentang permasalahan ini, Kordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, memberikan tanggapan. Dia menilai PSSI harus menjelaskan ke publik bahwa kongres pada 2 November itu memang sah diakui oleh FIFA.

"Sengkarut ini terkait kongres semula PSSI. Di sini PSSI menjamin kongres 2 November ini sudah ada legitimate nya dari FIFA," ucap Akmal kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (26/10/19). 

"Utamanya, saat ini PSSI harus menjelaskan kepada publik akan kongres nanti. Jangan sampai kongres justru menjadi cacat hukum," tegasnya.

Akmal Marhali selaku kordinator SOS bukan tanpa alasan meminta ketegasan ini. Sebab, dia tidak mau publik pecinta sepak bola Indonesia berprasangka buruk.

"Penting buat PSSI saat ini memyampaikan kepada publik secara transparan bahwa benar kongres 2 November itu sah. Jadi Save Our Soccer menekankan kepada PSSI agar jangan diam-diam  seperti ini sehingga menimbulkan kecurigaaan publik," beber Akmal.

"PSSI bukan organisasi RT, jadi semua harus ada suratnya. Sampaikan bahwa semua ada legitimasi yang dipegang dari PSSI surat dari FIFA. Jangan kalah PSSI dari RT yang semua ada legalitas suratnya. Sayang nanti sudah capek-capek kongres nanti jadi polemik lagi kan percuma," tukas Akmal Marhali.