Liga Indonesia

3 Fakta Stadion Sumpah Pemuda yang Kini Jadi Markas Badak Lampung FC di Liga 1

Senin, 28 Oktober 2019 11:56 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala
Tribun utama Stadion Sumpah Pemuda. INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala Copyright: © INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala
Tribun utama Stadion Sumpah Pemuda. INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Stadion Sumpah Pemuda yang kini jadi markas Badak Lampung FC di Liga 1 2019 bisa dibilang sebagai salah satu venue yang pantas dibahas di Hari Sumpah Pemuda.

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda untuk memperingati semangat juang para pemuda Indonesia menghapuskan masa penjajahan. 

Ikrar Sumpah Pemuda dianggap sebagai janji atau karya akan semangat pemuda sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menguatkan cita-cita akan 'Tanah Air Indonesia', 'Bangsa Indonesia' dan 'Bahasa Indonesia'.

Oleh karena itu, setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia akan mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang sudah berjuang menciptakan persatuan di kalangan anak muda untuk mengusir penjajahan.

Banyak sekali bangunan atau monumen yang menjadi saksi bisu atau bahkan sampai menggunakan nama 'Sumpah Pemuda' sebagai sebutannya. Salah satunya adalah Stadion Sumpah Pemuda di Way Halim, Lampung.

Stadion Sumpah Pemuda resmi menjadi markas Badak Lampung FC di Liga 1 usai mereka merger dari Perseru Serui, yang awalnya berlokasi di Stadion Marora, Serui.

Stadion ini berlokasi di Kecamatan Way Halim, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang berada di Kawasan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Bandar Lampung.

Sejak resmi menjadi markas Badak Lampung FC yang berlaga di Liga 1 2019, Stadion Sumpah Pemuda pun langsung melakukan sejumlah renovasi mulai dari rumput hingga cat ulang dan menambahkan logo klub tersebut.

Lantas apa saja fakta-fakta Stadion Sumpah Pemuda yang kini menjadi markas tetap untuk Badak Lampung FC di Liga 1? Berikut INDOSPORT akan membahasnya khusus di Hari Sumpah Pemuda.

1. Renovasi Mandiri

© INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala
Lorong menuju pintu masuk samping Stadion Sumpah Pemuda sedang dalam pengerjaan. INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala Copyright: INDOSPORT.COM / Abdurrahman RanalaLorong menuju pintu masuk samping Stadion Sumpah Pemuda sedang dalam pengerjaan. INDOSPORT.COM / Abdurrahman Ranala

Demi menyambut Liga 1 2019 pada Maret lalu, Stadion Sumpah Pemuda melakukan renovasi yang kabar awalnya akan menggunakan dana hingga Rp3 miliar dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung.

Tapi seiring berjalannya waktu, Kepala Dispora Lampung, Budhi Darmawan mengungkapkan bahwa pihak Badak Lampung FC ingin melakukan renovasi menggunakan dana sendiri.

"Rumput akan diganti dengan sintetis. Selain itu juga sistem drainase akan diperbaiki agar ketika hujan turun, tidak ada air tergenang," ucap Budhi pada Februari 2019.

"Ya, jadi tidak menggunakan dana APBD Perubahan (2019). Kami sangat menyambut baik hal ini karena bisa jadi implementasi nyata pada industri sepak bola modern," kata Budhi lagi pada Maret 2019.

Hingga pada akhirnya, tepat tanggal 26 Juni 2019 lalu, Stadion Sumpah Pemuda mencatatkan sejarah menggelar laga kandang pertama Badak Lampung FC di Liga 1 2019 menghadapi PSIS Semarang.

Laga tersebut merupakan pertandingan kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang digelar di Provinsi Lampung sepanjang sejarah.

2. Rumput Stadion Sumpah Pemuda Berstandar FIFA

© instagram.com/stadion_sumpahpemudalpg
Stadion Sumpah Pemuda, Way Halim, Lampung yang jadi markas Badak Lampung FC di Liga 1. Copyright: instagram.com/stadion_sumpahpemudalpgStadion Sumpah Pemuda, Way Halim, Lampung yang jadi markas Badak Lampung FC di Liga 1.

Lebih lanjut lagi, Stadion Sumpah Pemuda Way Halim rencananya akan ditanami rumput berstandar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), yakni zoysia matrella.

Penanaman rumput tersebut dibenarkan langsung oleh salah satu pekerja, Aryo. Bahkan pergantian runput telah dilakukan sejak Rabu (06/03/19) kemarin.

"Tadinya rumput liar biasa, terus diobati sama dikupas, diganti sama rumput ini (zoysia matrella)," ujar Aryo, Kamis (07/03/19).

Rumput zoysia matrella memiliki kriteria yang mampu merambat, rapat menutup tanah, berusia tahunan, tahan injakan, serta membentuk jaringan di bawah daun dan di atas akar. Hal inilah yang menjadi rekomendasi FIFA.

3. Punya Arena Olahraga Berkuda

©
Caption Copyright: Ilustrasi olahraga berkuda, di mana Stadion Sumpah Pemuda punya arena khusus untuk berkuda.

Terakhir adalah kalau Stadion Sumpah Pemuda Way Halim ternyata juga ada arena untuk berkuda bernama Siger Horse Stable di lahan seluas 20x10 meter.

Menurut Kabag Biro Aset Pemprov Lampung Saprul menjelaskan kalau arena tersebut dibandung sejak akhir Mei 2018 dan dibuka untuk umum pada 10 Juni 2018.

"Ini tidak menggunakan APBD, tetapi lahannya kami serahkan ke pihak ketiga dengan status sewa lahan," kata Saprul, Selasa (19/06/18) lalu.

Baginya masyarakat bisa menggunakan arena tersebut dengan menyewa kuda-kuda itu kepada pengelola. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk stadion ini.

Itulah 3 fakta yang sudah dihimpun INDOSPORT khusus di Hari Sumpah Pemuda. Deretan fakta tentang Stadion Sumpah Pemuda, markas Badak Lampung FC di Liga 1 2019 yang ternyata cukup mencengangkan.