Liga Indonesia

Termasuk Markas Kostrad, Ini 2 Tempat Tak Biasa Pernah Jadi Lokasi Pertandingan Persib vs Persija

Senin, 28 Oktober 2019 11:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT/Muhammad Fikri
Duel Persib Bandung vs Persija Jakarta pernah digelar di tempat tak biasa. Copyright: © INDOSPORT/Muhammad Fikri
Duel Persib Bandung vs Persija Jakarta pernah digelar di tempat tak biasa.

INDOSPORT.COM - Sebelum nanti sore di Stadion I Wayan Dipta, pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta pernah dihelat di beberapa lokasi yang tak biasa.

Tak mendapatkan izin kepolisian Jawa Barat, pertandingan pekan ke-25 Liga 1 2019 Persib Bandung vs Persija Jakarta akan dihelat jauh di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Gianyar, Bali, Senin (28/10/19).

Buat Persib Bandung sebagai tuan rumah, terusirnya mereka jauh ke Bali secara langsung jelas merupakan kerugian. Tetapi jika dilihat ke belakang, harus digelarnya laga Persib Bandung vs Persija Jakarta bukan dikandang kedua klub memang sudah hal yang biasa.

Tensi tinggi, khususnya antar kedua suporter sering membuat izin kepolisian urung keluar. Untuk itu bahkan beberapa kali laga Persib Bandung vs Persija Jakarta harus dihelat di lokasi tak biasa. Berikut INDOSPORT rangkumkan.

Stadion PTIK

© Instagram Bhayangkara FC
Stadion PTIK milik Bhayangkara FC. Copyright: Instagram Bhayangkara FCStadion PTIK milik Bhayangkara FC pernah digunakan untuk laga Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Di Liga 1 2018 lalu, Persija Jakarta sempat harus menjamu Persib Bandung di lokasi yang tidak biasa, Stadion PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian), Jakarta Selatan, (30/06/18).

Meski masih berada di Jakarta, pemilihan Stadion PTIK menjadi menarik karena sebenarnya merupakan lokasi yang tak cukup layak untuk menggelar pertandingan sebesar Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Dengan kapasitas yang hanya dua ribu kursi, Stadion yang merupakan milik Kepolisian republik Indonesia tentu tak bisa menampung animo tinggi Jakmania yang ada di Jakarta. Selain itu kualitas lapangan di Stadion PTIK juga masih cukup rendah untuk sebuah pertandingan yang memepertemukan banyak pemain bintang itu.

Pemilihan Stadion PTIK sebagai lokasi pertandingan sendiri tak lepas dari agenda Asian Games 2018. Kala itu stadion Seperti GBK, Patriot hingga Pakansari tak bisa digunakan karena sedang direnovasi.

Beruntung buat Persija Jakarta, ditengah segala keterbatasannya itu, mereka tetap bisa mengamankan tiga poin penuh. Meski hanya menang tipis 1-0, berkat gol dari Jaimerson Xavier.

Lapangan Kostrad Cilodong

19 tahun silam, Persib Bandung juga sempat harus menjamu Persija Jakarta di loaksi yang tak biasa. Yaitu Lapangan Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, (23/03/00)

Dipilihnya lapangan yang berada di area markas TNI itu tak lepas dari hukuman Persib Bandung yang harus menggelar pertandingan tanpa penonton akibat sanksi PSSI.

Semakin sial buat Persib Bandung, karena di laga berstatus kandang untuk mereka itu, kekalahan harus dirasakan dalam skor 2-3 dari Persija Jakarta.

Kemenangan Persija Jakarta tersebut tak lepas dari dua gol pemain yang saat itu baru menjalani debut, Bambang Pamungkas.

1