Liga Indonesia

Analisis Pertandingan Usai Persib vs Persija: Maung Bandung Unggul Segalanya

Senin, 28 Oktober 2019 18:20 WIB
Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung merayakan gol Ezechiel Ndouasel ke gawang Persija Jakarta dalam laga pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (28/10/19) sore. Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung merayakan gol Ezechiel Ndouasel ke gawang Persija Jakarta dalam laga pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (28/10/19) sore. Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija Jakarta dalam duel panas pekan ke-25 Liga 1 2019, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, pada Senin (28/10/19) sore WIB.

Dalam laga tersebut, Maung Bandung unggul dengan skor 2-0. Melalui gol Frets Butuan menit ke-52 dan Ezechiels N'Douassel tujuh menit berselang, tepatnya menit ke-59.

Persib yang bermain tanpa gelandang pentingnya, Ezteban Vizcarra tetap bisa tampil superior. Begitu juga dengan Persija yang turun dengan skuat terbaiknya. Kedua tim silih berganti menekan di 15 menit awal di babak pertama. 

Ancaman pertama dihadirkan Frets, tetapi tembakan dari sudut sempit tersebut masih mampu halau kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. 

Macan Kemayoran membalas teror Frets melalui Rezaldi Hehanusa, yang mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Persib. Simic mencoba menyambut bola, sayang sundulannya masih menyamping.

Memasuki menit ke-20, Persib kembali menebar ancaman ke gawang rival abadinya itu melalui tandukan Achmad Jufriyanto. Tetapi usahanya meneruskan umpan Kuipers mampu ditangkap Andritany.

Hingga pertandingan telah berjalan hampir setengah jam, kedua tim masih berkutat di lapangan tengah dan sulit membongkar pertahanan masing-masing lawan, sehingga skor 0-0 menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, permainan Persib jauh lebih efektif daripada Persija. Kejeniusan Robert Rene Alberts dalam mengubah taktik, karena terjadi kebuntuan di babak pertama, berhasil diterapkan dengan baik oleh anak asuhnya. 

Lini Kedua Berperan Penting

Lini kedua berperan penting dalam kemenangan Persib di laga sore hari ini. Dua winger yang dipasang, Frets Butuan dan Kevin van Kippersluis, ditambah dukungan serangan dari bek sayap membuat Pangeran Biru tampil ciamik.

Hal itu dibuktikan dengan aksi individu Frets yang berbuah gol pertama, menit ke-52. Frets menari-nari di depan Novri sebelum melepaskan tembakan keras yang salah diantisipasi Andritany. Persib unggul 1-0.

Tujuh menit berselang, giliran striker mereka Ezechiels N'Douassel yang mencetak gol. Sebuah umpan silang dari sisi kiri yang dilepaskan Ardi Idrus, mampu dituntaskan dengan baik oleh kapten timnas Chad itu. Persib menjauh 2-0.

Belakang, Tengah dan Depan Tampil Moncer

Ketajaman lini depan Persib didukung oleh tangguhnya sektor belakang mereka. Duet bek Ahmad Jufrianto dan Nick Kuipers membuat Riko Simanjuntak dan Marko Simic tak bisa berkutik.

Beberapa kali upaya Riko untuk menembus jantung pertahanan Persib kerap kandas, begitu juga dengan Simic yang tak bisa banyak mengancam, karena jarang mendapat suplai bola.

I Made Wirawan juga mampu tampil gemilang di bawah mistar gawang. Beberapa kali kiper asal Bali itu sukses mematahkan peluang Persija, salah satunya dari tendangan bebas Simic yang sukses ditepis.

Simic yang sedari awal laga selalu mendapatkan pengawalan ketat, akhirnya unjuk gigi di akhir pertandingan. Tetapi tembakannya gagal mengarah ke sasaran dan skor 2-0 tak berubah hingga laga usai.

Hasil pertandingan ini mengangkat Persib ke peringkat sembilan dengan 31 angka, sementara Persija masih tertahan di posisi 14 dengan 24 poin dalam klasemen sementara Liga 1 2019.