Liga Spanyol

Dicap Hanya Bisa Mencetak Gol, Lionel Messi: Saya Lebih Suka Prosesnya

Senin, 28 Oktober 2019 13:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bintang LaLiga Spanyol dari klub sepak bola Barcelona, Lionel Messi, tidak mau hanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang hanya mampu mencetak gol. Striker asal Argentina ini menjelaskan perannya lebih dalam di pertandingan.

Mengarungi kariernya sebagai pesepak bola professional selama 15 tahun, Lionel Messi sudah berhasil mengoleksi 674 gol (hingga artikel ini dipublikasikan), baik itu di level klub bersama Barcelona maupun bersama Timnas Argentina.

Atas torehannya tersebut, pemain berjuluk La Pulga itu pun dianugerahi gelar Ballon d’Or lima kali sepanjang kariernya. Namun pada faktanya, Messi lebih menyukai proses ketika dia menyarangkan gol ke gawang lawan.

“Saya bukan pencetak gol biasa,” kata Messi dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca.

“Saya lebih senang bermain-main dulu dengan bola dan menciptakan (peluang). Saya juga suka masuk ke area kotak (terlarang) dan mencetak gol, tetapi saya cuma hidup untuk gol.”

“Jika saya terlalu lama tidak menyentuh bola, saya bisa-bisa meninggalkan pertandingan,” imbuhnya.

Dalam proses kariernya, Messi sendiri kini mengaku sudah bermain lebih efektif. Terutama, ketika menciptakan peluang dia bisa melakukannya lebih cepat karena sudah bisa membaca permainan dengan baik.

“Saya sudah matang, dan sekarang saya bisa membaca permainan dengan lebih baik. Saya tahu kapan harus terlibat, dan bagaimana menjadi efektif pada waktu yang tepat.”

Sejauh ini jumlah gol yang ditorehkan Messi masih jauh dari yang dihasilkan rival sengitnya, Cristiano Ronaldo. Saat ini dia tertinggal 27 gol dari bintang Juventus itu.

Namun, Messi bisa menyalip jumlah gol dalam beberapa tahun ke depan mengingat usianya dua tahun lebih muda dari Ronaldo.

Selain itu, Messi dalam performa gemilang pada beberapa musim terakhir. Pemain Terbaik FIFA 2019 ini mencetak 51 gol dari 49 laga di semua kompetisi.