Liga Indonesia

Termasuk Eks Timnas Indonesia, 3 Pelatih Lokal yang Bisa Gantikan Wolfgang Pikal Tangani Persebaya

Rabu, 30 Oktober 2019 17:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah pelatih lokal, termasuk eks Timnas Indonesia, bisa menjadi pengganti Wolfgang Pikal yang mengundurkan diri dari klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah pelatih lokal, termasuk eks Timnas Indonesia, bisa menjadi pengganti Wolfgang Pikal yang mengundurkan diri dari klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pelatih lokal, termasuk eks Timnas Indonesia, sepertinya bisa menjadi pengganti Wolfgang Pikal yang baru saja mengundurkan diri dari klub Shopee Liga 1 2019, Persebaya Surabaya.

Sorotan jagat sepak bola Indonesia belakangan memang sedang tertuju kepada Persebaya Surabaya. Terutama setelah Bajul Ijo menelan kekalahan 2-3 dari PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (29/10/19) kemarin.

Sejumlah Bonek yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo, turun ke lapangan dan membuat kericuhan pasca laga. Aksi itu sengaja dikeluarkan sebagai bentuk kekecewaan Bonek melihat Persebaya Surabaya yang sudah puasa kemenangan dalam enam laga terakhir.

Protes keras Bonek lantas membuahkan hasil. Pada hari Rabu (30/10/19) sore, pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal, mengumumkan pengunduran dirinya.

Pengumuman dirilis melalui akun Instagram resmi milik Persebaya Surabaya. Wolfgang Pikal mundur dan meninggalkan Bajul Ijo yang kini duduk di urutan sembilan klasemen sementara Liga 1 2019.

Mendapati mundurnya Wolfgang Pikal, Persebaya Surabaya jelas harus mulai mencari pengganti. Sejumlah nama pelatih lokal pun sepertinya bisa menjadi kandidat yang pantas mengisi kekosongan di kursi kepelatihan Bajul Ijo.

Lalu, siapa saja para pelatih lokal yang dimaksudkan itu? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT coba menjabarkannya ke dalam ulasan berikut.

Jan Saragih

© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT.
Jan Saragih Copyright: Raditya Erwiyanto/INDOSPORT.Jan Saragih

Jan Saragih jadi salah satu pelatih lokal yang bisa masuk ke dalam kandidat pengganti Wolfgang Pikal. Terlebih nama Jan Saragih kini sedang tak memiliki klub, usai didepak Badak Lampung pada akhir Juli lalu.

Soal kualitas, Jan Saragih punya modal pengalaman membesut Bogor FC dan Badak Lampung. Jan Saragih pernah pula menjadi asisten dari Stefano Cugurra Teco di Persija Jakarta pada musim Liga 1 2017.

Modal pengalamannya itu bukan mustahil akan bisa membawa Persebaya Surabaya bangkit dari keterpurukan. Tinggal dinanti saja, apakah manajemen Bajul Ijo bakal merekrut Jan Saragih?

Aji Santoso

© Fitra Herdian/Indosport
Aji Santoso memimpin anak didiknya latihan di Stadion Surajaya, Lamongan. Senin (11/2/19). Copyright: Fitra Herdian/IndosportAji Santoso memimpin anak didiknya latihan di Stadion Surajaya, Lamongan. Senin (11/2/19).

Mencari pelatih lokal yang bisa gantikan Wolfgang Pikal di Persebaya Surabaya, rasanya kurang lengkap bila tak menyertakan nama Aji Santoso. Pengalaman panjang Aji Santoso dalam dunia kepelatihan sepak bola, membuatnya dirasa cukup mumpuni untuk menangani skuat Bajul Ijo.

Musim lalu Aji Santoso menghabiskan kariernya bersama Persela Lamongan. Hebatnya, Aji Santoso mampu menjadikan Persela Lamongan sebagai tim yang tak terkalahkan di kandang sendiri sepanjang Liga 1 2018.

Kehebatan Aji Santoso dalam meracik strategi juga pernah diandalkan Timnas Indonesia. Namanya pernah masuk ke jajaran kepelatihan Skuat Garuda pada 2011 hingga 2015.

Andai Persebaya Surabaya berminat, tentu akan lebih mudah untuk mengajak Aji Santoso bergabung. Maklum saja, Aji Santoso kini sedang tak memiliki klub, usai dilepas PSIM Yogyakarta pada 9 Oktober lalu.

Bejo Sugiantoro

© Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Bejo Sugiantoro saat konfrensi pers menjelang laga lawan Bali United, Senin (23/9/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORT.COMBejo Sugiantoro saat konfrensi pers menjelang laga lawan Bali United, Senin (23/9/19).

Persebaya Surabaya sepertinya tak perlu jauh-jauh mencari nama pengganti. Bila melihat ke jajaran staf kepelatihannya saat ini, Persebaya Surabaya sudah memiliki nama potensial seperti Bejo Sugiantoro.

Menaikan Bejo Sugiantoro sebagai pelatih caretaker, diyakini akan lebih memudahkan Persebaya Surabaya. Bejo Sugiantoro tak perlu lagi masa adaptasi, ataupun mendalami kekuatan para pemainnya.

Patut dinanti, kebijakan yang akan diambil manajemen Persebaya Surabaya ke depannya. Apakah Bajul Ijo bakal merekrut salah satu pelatih lokal di atas untuk menggantikan Wolfgang Pikal?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%