Bola Internasional

Eks Pelatih PSIS Semarang Bawa Negara Karibia Salip Indonesia di Ranking FIFA

Rabu, 30 Oktober 2019 16:57 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Vincenzo Alberto Annese membawa Belize menyalip Indonesia di peringkat FIFA rilisan Oktober 2019. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Vincenzo Alberto Annese membawa Belize menyalip Indonesia di peringkat FIFA rilisan Oktober 2019.

INDOSPORT.COM – Vincenzo Alberto Annese baru genap empat bulan menukangi salah satu negara Amerika Tengah, Belize. Ternyata, eks pelatih PSIS Semarang asal Italia ini berhasil menyalip Indonesia di peringkat FIFA rilisan Oktober 2019.

Dilansir dari situs FIFA, Belize kini menempati peringkat ke-168. Negara peserta CONCACAF ini naik empat peringkat setelah bulan lalu menempati peringkat 172. Negara berpenduduk 400 ribu jiwa ini berhasil menambah satu poin dalam sebulan.

Pada bulan lalu, Belize meraih satu kemenangan dalam ajang CONCACAF Nations League divisi B. Namun, tim asuhan Annese masih terancam degradasi ke divisi C karena masih menempati urutan buncit grup A di bawah Grenada, Guyana Prancis, dan St. Kitts & Nevis.

Sementara itu, Indonesia kini berada di peringkat ke-171. Padahal, pada bulan sebelumnya, Indonesia berada di ranking 167, lima strip di atas Belize. Rentetan hasil buruk di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 ditengarai menjadi penyebabnya.

Dalam paruh pertama grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia menyapu bersih empat laga dengan kekalahan. Torehan tanpa poin ini membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen di bawah Thailand, Vietnam, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Hasil buruk itu membuat poin Indonesia yang semula 987 turun 12 angka menjadi 975. Indonesia sendiri saat ini hanya berada satu strip di atas Kamboja dan menjadi negara terendah kelima ASEAN di peringkat FIFA.

Jika Vincenzo Alberto Annese berhasil membawa Belize tetap di CONCACAF Nations League B, bukan tak mungkin mereka akan semakin jauh meninggalkan Indonesia. Di sisi lain, Indonesia juga masih diragukan bisa meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.