Bola Internasional

Semakin Melesat, Federasi Sepak Bola Vietnam Berikan Wejangan untuk Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2019 18:32 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Skuat Timnas Vietnam

INDOSPORT.COM – Wakil Presiden VFF (federasi sepak bola Vietnam), Tran Quoc Tuan, mengatakan bahwa kesuksesan Timnas Vietnam saat ini dipengaruhi oleh kualitas liga. Ia menyatakan hal ini perlu diperhatikan oleh Timnas Indonesia.

Dikutip dari situs Antara, Tran Quoc Tuan menegaskan pentingnya keselarasan antara jadwal tim nasional dan liga untuk memaksimalkan performa tim nasional. Pasalnya, keselarasan jadwal liga akan membuat kondisi pemain tim nasional berada di titik optimal.

“Federasi harus duduk bersama dengan liga dan pihak klub. Mereka (Timnas Indonesia) harus menemukan solusi terbaik sesuai jadwal. Hal ini semata-mata dilakukan agar tim nasional memiliki waktu persiapan yang cukup,” ucap Tran Quoc Tuan.

“Saya mengakui bahwa hal tersebut memang sangat sulit. Kita bisa menemukan masalah benturan jadwal liga dan tim nasional seperti ini di setiap negara,” lanjut Ketua Komite Kompetisi AFC periode 2019-2023 tersebut.

Permasalahan jadwal pun sudah menjadi sorotan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Pria kelahiran Skotlandia itu mengeluhkan padatnya kompetisi liga yang membuat para pemainnya tidak sanggup optimal hingga babak kedua usai.

Pernyataan Tran Quoc Tuan dan McMenemy sendiri menuai bukti. Timnas Indonesia takluk dari Vietnam dengan skor 1-3. Indonesia kembali kedodoran di babak kedua setelah mengalami hal yang sama dalam laga melawan Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Saat Ini, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim asuhan Simon McMenemy selalu kalah dalam empat laga awal. Sementara itu, Vietnam menempati posisi kedua dengan tujuh poin dari tiga laga.