Liga Indonesia

Wolfgang Pikal dan Deretan Pelatih Berkarier Singkat di Liga 1 2019

Rabu, 30 Oktober 2019 17:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal saat konferensi pers usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Borneo FC, Jumat (11/10/19) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal saat konferensi pers usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya vs Borneo FC, Jumat (11/10/19)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal resmi menyatakan mundur dari kursi kepelatihan pada hari ini, Rabu (30/10/19) sore WIB.

Keputusan itu diambil menyusul rentetan hasil buruk yang diterima oleh Persebaya dalam beberapa laga terakhir. Dari empat pertandingan mendampingi Bajul Ijo, Pikal belum sekalipun memberikan kemenangan (1 imbang, 3 kalah).

"Saya mau bilang terima kasih untuk Persebaya, untuk manajemen dan juga para pemain. Hari ini, tanggal 30 Oktober 2019 saya mundur sebagai pelatih kepala Persebaya," kata Pikal.

"Ini memang tanggung jawab dari pekerjaan sebagai head coach. Ini risiko dari pekerjaan pelatih," lanjutnya.

Setelah mengucapkan salam perpisahan, Pikal berharap agar Persebaya Surabaya segera bangkit di kompetisi Liga 1 2019, dan mengakhiri musim di posisi terbaik.

"Harapan saya ke depan, Persebaya bisa maju lagi, bisa bangkit lagi, dan bisa meraih prestasi lagi. Ini adalah klub yang luar biasa dan manajemen juga luar biasa. All the best untuk masa depan Persebaya," ujarnya.

Wolfgang Pikal sendiri sejatinya adalah seorang asisten pelatih dari Alfred Riedl yang sudah mencapai kesepatakan, untuk menukangi Persebaya.

Hanya saja karena faktor kesehatan, mantan juru taktik Timnas Indonesia batal melatih, sehingga manajemen menunjuk Pikal menjadi pelatih utama didampingi Bejo Sugiantoro sebagai asistennya.

Pria berdarah Austria dan Indonesia itu baru bisa mendampingi Persebaya di lapangan saat bertemu Borneo FC di pekan ke-22 Liga 1 2019. Dalam laga debutnya itu, Pikal gagal memberikan tiga poin, karena hanya bisa imbang 0-0.

Di pekan-pekan selanjutnya, Wolfgang Pikal kembali gagal meraih hasil maksimal. Persebaya justru semakin terpuruk dibawah asuhannya.

Tiga laga beruntun harus dilalui Hansamu Yama cs dengan kekalahan. Dari Persib (1-4), Persela (0-1), dan terbaru PSS Sleman (2-3). Hal itu membuat Pikal memilih mundur setelah melalui empat pertandingan tanpa kemenangan.

Ia jadi pelatih selanjutnya di Liga 1 yang mengalami karier kepelatihan sangat singkat. Sebelumnya sudah ada nama-nama besar lain yang juga senasib dengannya, berikut daftarnya:

1. Ivan Kolev mengundurkan diri dari Persija Jakarta (03/06/19) setelah pekan ketiga.

2. Jacksen F. Tiago mengundurkan diri dari Barito Putera (23/06/19) setelah pekan kelima.

3. Aji Santoso mengundurkan diri dari Persela Lamongan (30/06/19) setelah pekan keenam.

4. Luciano Leandro dipecat Persipura Jayapura (30/06/19) setelah pekan keenam.

5. Syafrianto Rusli mengundurkan diri dari Semen padang (08/07/2019) setelah pekan ketujuh.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%