Liga Indonesia

BREAKING NEWS: Kabar Duka, Bintang Timnas Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia

Kamis, 31 Oktober 2019 22:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pemain asal Ambon, Alfin Lestaluhu Copyright: © PSSI
Pemain asal Ambon, Alfin Lestaluhu

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Indonesia U-16, Alfin Farhan Lestaluhu, meninggal dunia setelah sempat mejalani perawatan intensif di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Kamis (31/10/19).

Kabar duka datang dari sepak bola Indonesia. Pemain Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu, dikabarkan meninggal dunia. Alfin menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 22.11 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Kamis (31/10/19).

Kabar duka ini dibenarkan oleh Media Officer PSSI, Bandung Saputra. "Iya Mas, Alfin Lestaluhu meninggal dunia," ujar Bandung saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (31/10/19). 

Kabar ini juga diperkuat dengan postingan dari instagram pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, dan situs resmi PSSI. 

Dilansir dari laman PSSI, Kamis (31/10/19), berdasarkan diagnosis dokter, Alfin meninggal karena penyakit radang otak. 

Sebelumnya, Alfin Lestaluhu menjadi salah satu korban dampak gempa Ambon, Maluku, akhir September 2019 lalu. Insiden itu terjadi setelah Alfin membela Timnas Indonesia U-16 dan pulang ke kampung halamannya.

Gempa dengan kekuatan sebesar 6,8 skala richter membuat banyak orang yang ada di sekitar Maluku terkena musibah, termasuk Alfin Lestaluhu.

Alfin langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ambon untuk menjalani segala pemeriksaan dan pengobatan. Karena Alfin sempat berada di tenda pengungsian pascagempa.

Pemuda 15 tahun itu dilaporkan syok melihat tragedi gempa di Ambon hingga dikabarkan tidak nafsu makan. Raut wajahnya pucat dan diberi alat bantu pernapasan.

Mengetahui bakat muda dari tanah Tulehu tengah sakit, PSSI pun mengambil langkah cekatan untuk membantu pengobatan yang dialami Alfin.

Sayang, walau menjalani perawatan intensif di Jakarta, Alfin harus menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, Kamis (31/10/19). Dari hasil diagnosis dokter terungkap Alfin ternyata telah menderita penyakit radang otak.

Alfin Lestaluhu merupakan salah satu pemain jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan yang dipanggil membela Timnas Indonesia U-16.

Kiprah Alfin Lestaluhu dalam mengawal barisan pertahanan, tepatnya di sisi sayap kanan Timnas Indonesia U-16, terjadi pada ajang Piala AFF U-16 2019.

Dirinya dipercaya selalu tampil penuh oleh kepala pelatih Bima Sakti Tukiman. Bahkan Alfin Lestaluhu turut mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara ketiga Piala AFF U-16 2019.

25