Liga Indonesia

Kiprah Alfin Lestaluhu, Pahlawan Timnas U-16 yang Kini Terbaring Sakit

Selasa, 8 Oktober 2019 12:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI
Alfin Lestaluhu ke Jakarta agar mendapatkan perawatan lebih intensif di RS Royal Progress. Copyright: © PSSI
Alfin Lestaluhu ke Jakarta agar mendapatkan perawatan lebih intensif di RS Royal Progress.

INDOSPORT.COM - Salah satu pahlawan Timnas Indonesia U-16, Alfin Farhan Lestaluhu kini tengah terbaring sakit usai jadi korban gempa Ambon, Maluku, akhir September 2019 lalu.

Gempa dengan kekuatan sebesar 6,5 skala richter membuat banyak orang yang ada di sekitar Maluku terkena musibah, termasuk Alfin Lestaluhu.

Alfin langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ambon untuk menjalani segala pemeriksaan dan pengobatan. Karena Alfin sempat berada di tenda pengungsian pasca gempa.

Pemuda 15 tahun itu syok melihat tragedi gempa di Ambon hingga dikabarkan tidak nafsu makan. Raut wajahnya pucat dan diberi alat bantu pernapasan.

Mengetahui bakat muda dari tanah Tulehu tengah sakit, PSSI pun mengambil langkah cekatan untuk membantu pengobatan yang dialami Alfin.

© PSSI
Pemain asal Ambon, Alfin Lestaluhu Copyright: PSSIPemain asal Tulehu, Alfin Lestaluhu.

Hal tersebut disampaikan melalui akun media sosial Instagram resmi PSSI. Unggahan tersebut juga menampilkan gambar Alfin.

"Hari ini (kemarin) PSSI membawa Alfin Lestaluhu ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan intensif di RS Royal Progress. Lekas pulih, Alfin!," tulis PSSI.

Bukan tanpa sebab PSSI langsung berinisiatif cepat dan tanggap dalam menolong Alfin Lestaluhu. Pasalnya pemain kelahiran 2004 ini menjadi sosok pahlawan Timnas Indonesia U-16.

Bagaimana tidak, Alfin Lestaluhu merupakan salah pemain jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan yang dipanggil membela Timnas Indonesia U-16.

Kiprah Alfin Lestaluhu dalam mengawal barisan pertahanan, tepatnya di sisi sayap kanan, Timnas Indonesia U-16 terjadi pada ajang Piala AFF U-16 2019.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 saat merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia U-16 saat merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Dirinya dipercaya selalu tampil penuh oleh kepala pelatih Bima Sakti Tukiman. Bahkan Alfin turut mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara ketiga Piala AFF U-16 2019.

Tak hanya sampai disitu saja, Alfin juga menjadi salah satu tulang punggung Timnas Indonesia U-16 kala melakoni Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 belum lama ini.

Alfin pun sempat mencetak satu gol ke gawang Filipina kala Timnas Indonesia U-16 menang telak dengan skor 0-4, tepatnya di laga perdana Grup G.

Bercita-cita Menjadi Pemain Sepak Bola

Meksi begitu ternyata Alfin Lestaluhu sudah sejak kecil memiliki cita-cita untuk menjadi pemain sepak bola profesional, baik dilevel klub ataupun tim nasional.

Menurut sang ayah, yakni Erwin Syahril Al Thaib Lestaluhu kalau dirinya sangat mendorong Alfin untuk mengejar pendidikan dan prestasi di sepak bola.

"Sepak bola mengajarkan kerja keras. Karena dengan kerja keras orang akan bisa meraih prestasi yang diimpikan,” ujar Erwin seperti dikutip laman Sahabat Keluarga Kemendikbud.

Hadirnya Alfin Lestaluhu ke kancah sepak bola nasional membuat publik dipertegas dengan bakat-bakat terbaik yang dimiliki tanah Tulehu tak pernah habis.

Suara Merdu Kumandangkan Azan

Tak hanya sampai disitu saja, ternyata Alfin Lestaluhu memiliki suara yang merdu ketika mengumandangkan azan (panggilan salat umat muslim).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh kepala pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti melalui unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya.

"Dia anak baik, sopan, dan rajin beribadah. Satu lagi, suara azannya merdu sekali. Luar biasa,” kata Bima.