Liga Indonesia

Hitung-hitungan Kapan Bali United Juara Liga 1 2019, Sebelum Pekan ke-30?

Jumat, 1 November 2019 15:35 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bali United semakin tidak terkejar di barisan terdepan dalam perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2019. Kapan Serdadu Tridatu bisa memastikan trofi jawara? Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bali United semakin tidak terkejar di barisan terdepan dalam perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2019. Kapan Serdadu Tridatu bisa memastikan trofi jawara?

INDOSPORT.COM - Bali United semakin tidak terkejar di barisan terdepan dalam perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2019. Kapan Serdadu Tridatu bisa memastikan trofi jawara?

Puncak klasemen Liga 1 terasa dingin bagi Bali United. Memasuki pekan ke-26, Bali United masih perkasa di singgasananya dengan perolehan 55 poin.

Selisih poin Bali United dan Madura United sebagai pesaing terdekat berjarak 11 poin. Namun, Bali United masih menyimpan satu laga lebih banyak.

CEO Bali United, Yabes Tanuri, tidak ingin jemawa meski timnya sedang berada di atas angin. Ia menargetkan Bali United bisa mengunci gelar juara pada pekan ke-30.

"Masih ada banyak pertandingan, masih ada banyak poin, kita tidak pernah tahu. Kami tidak boleh bilang sudah juara, harus kerja keras di setiap pertandingan," ujar Yabes Tanuri beberapa waktu lalu saat ditemui di Bali United Cafe.

"Kami bisa bilang juara kalau di pekan ke-30 karena masih unggul 13 poin. Itu artinya, kita harus tetap konsisten dengan permainan sekarang," cetusnya .

Secara hitung-hitungan, Bali United memang berpeluang mengunci gelar juara pada pekan ke-30. Potensi itu juga bergantung kepada Madura United sebagai pesaing terdekat.

Anggaplah untuk menyamakan jumlah pertandingan sebanyak 25, Bali United meraih kemenangan dan mengoleksi 58 poin, selisih 14 poin dari Madura United.

Jika keduanya terus meraih kemenangan, Bali United bisa mengunci gelar di pekan ke-30. Bali United akan mengoleksi 73 poin, sedangkan Madura United 59 poin.

Di sisa empat pertandingan, poin Bali United tidak akan bisa lagi dikejar Sape Kerrap, julukan Madura United, dengan tambahan 12 poin maksimal.

Skenario Bali United mengunci gelar juara di pekan ke-30 masih dapat berubah. Semua bergantung kepada hasil yang diraih Bali United dan Madura United dalam delapan pekan tersisa.

Bali United bisa meraih juara lebih cepat apabila mereka terus meraih hasil positif, sedangkan Madura United terus mengalami hasil buruk.

Jika mampu memastikan gelar sebelum pekan ke-30, Bali United akan memecahkan rekor Persipura Jayapura (2013) sebagai peraih juara tercepat di era Liga Indonesia dengan format 18 tim dan sistem kompetisi penuh.

Bali United bahkan masih bisa tergelincir dan gagal meraih juara di saat-saat terakhir layaknya kisah Buriram United yang ditikung Chiangrai United.

Dalam empat pekan ke depan, Bali United bahkan akan menjalani laga tandang beruntun melawan PSS Sleman, Persipura Jayapura, PSIS Semarang, dan PSM Makassar.

Di sisi lain, keberadaan Borneo FC dan Persipura Jayapura juga tidak boleh dinafikan. Keduanya tengah dalam tren positif dan siap menyodok ke posisi dua teratas.

Masih ada delapan pekan tersisa. Hitung-hitungan kapan Bali United juara Liga 1 masih bisa berubah bahkan batal karena sejatinya hasil tergantung hasil 90 menit pertandingan di lapangan.