Liga Indonesia

Janjikan Lolos Piala Dunia 2026, 3 Pelatih Top Eropa yang Bisa Ditunjuk Iwan Bule Tangani Timnas Indonesia

Sabtu, 2 November 2019 17:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau Iwan Bule, bisa melirik sejumlah pelatih top Eropa untuk penuhi janji bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026. Copyright: © INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau Iwan Bule, bisa melirik sejumlah pelatih top Eropa untuk penuhi janji bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026.

INDOSPORT. COM - Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule, sepertinya bisa menunjuk sejumlah pelatih top Eropa untuk penuhi janjinya bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026.

Sepak bola Indonesia pada hari Sabtu (02/11/19) ini mendapatkan sosok pemimpin baru. Melalui acara Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shanri La, Jakarta, terpilihlah Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Iwan Bule terpilih lantaran mendominasi perolehan suara voter. Ia mampu mendapatkan 82 dukungan dari total 85 voter yang hadir di KLB.

Setelah mendapatkan jabatan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule langsung ditunggu tugas berat untuk mengantarkan sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik. Apalagi Iwan Bule dulu pernah mengumbar janji akan membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

“Pada tahun 2020, saya akan memulai modernisasi program pembinaan. Lalu, tahun 2021, Indonesia menggapai juara Asia Tenggara, tahun 2022 juara Asia dan lolos ke Piala Dunia 2026,” ujar Iwan Bule seperti dilansir dari Antara.

Target lolos Piala Dunia 2026 jelas bukan perkara mudah. Selain butuh sistem pembinaan dan liga yang cakap, Iwan Bule juga perlu mempunyai pelatih berkualitas di tubuh Timnas Indonesia.

Demi mewujudkan janjinya tadi, Iwan Bule sepertinya bisa mempertimbangkan nama sejumlah pelatih top Eropa. Reputasi dan kualitas yang sudah terbukti di level sepak bola Benua Biru, bukan mustahil bakal meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.

Lalu, siapa saja nama pelatih top Eropa yang bisa dipertimbangkan Iwan Bule tersebut? Redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.


Laurent Blanc

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESLaurent Blanc

Nama Laurent Blanc di jagat sepak bola Eropa tak hanya dikenal sebagai legenda Manchester United. Blanc belakangan juga memiliki karier cemerlang dalam dunia kepelatihan.

Blanc pernah membawa Paris Saint-Germain (PSG) menjuarai Ligue 1 Prancis tiga musim berturut, 2013/14 hingga 2015/16. Tangan dingin Blanc sempat pula membuat kejutan dengan mengantarkan Girondis Bordeaux merajai Ligue 1 Prancis musim 2008/09.

Reputasi cemerlang Blanc ini sepertinya bisa dipertimbangkan Iwan Bule. Blanc yang sempat menjadi pelatih Prancis di Euro 2012, nampaknya bisa membantu Iwan Bule dalam memenuhi janji bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026.

Kalau benar Iwan Bule mau merekrut Blanc, rasanya tak perlu jalan rumit. Pasalnya Blanc kini belum memiliki klub lagi usai terakhir dilepas PSG pada 2016 lalu.

Arsene Wenger

© Getty Image
Aksi terpuji Arsene Wenger Copyright: Getty ImageAksi terpuji Arsene Wenger

Pengalaman Arsene Wenger dalam dunia kepelatihan tak perlu diragukan lagi. Wenger pernah 22 tahun, yakni dari 1996 hingga 2018, menukangi klub Liga Inggris sekelas Arsenal.

Prestasi yang dicatatkan Wenger pun tak main-main. Tiga gelar Liga Inggris serta tujuh trofi Piala FA, telah disumbangkan Wenger kepada The Gunners.

Melihat segala rekam jejak tersebut, Wenger sepertinya bisa masuk ke dalam kandidat pelatih Timnas Indonesia era kepemimpinan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule. Apalagi Wenger kini juga sedang tak memiliki klub, yang artinya lebih mudah untuk mengajaknya bergabung.

Andai jadi merapat, Wenger mungkin bisa menularkan keahliannya dalam memoles bakat-bakat pemain muda untuk Timnas Indonesia. Wenger diyakini dapat membentuk program panjang yang bakal memenuhi target Iwan Bule lolos Piala Dunia 2026.


Giovanni van Bronckhorst

© ronaldo.com
Giovanni van Bronckhorst Copyright: ronaldo.comGiovanni van Bronckhorst

Nama Giovanni van Bronckhorst memang belum punya rekam jejak yang panjang di dunia kepelatihan. Ia baru menukangi satu klub saja, yakni Feyenoord, tepatnya dari tahun 2015 hingga 2019.

Namun prestasi yang dicatatkan Giovanni van Bronckhorst semasa masih menjadi pelatih Feyenoord terbilang memukau. Ia mampu membawa Feyenoord menjuarai Liga Eredivisie Belanda musim 2016/17, dan meraih dua gelar Piala Belanda musim 2015/16 serta 2017/18.

Modal apik bersama Feyenoord dulu, sepertinya bisa menjadi bahan pertimbangan Iwan Bule untuk mempercayakan jabatan pelatih Timnas Indonesia kepada Giovanni van Bronckhorst. Apalagi jika ditelusuri secara latar belakang, Giovanni van Bronckhorst juga memiliki darah keturunan Indonesia.

Andai benar merapat, Giovanni van Bronckhorst bisa menularkan pengalamannya merumput di Piala Dunia kepada para pemain Timnas Indonesia. Ditambah dengan racikan strategi andalannya, bukan mustahil Giovanni van Bronckhorst berhasil menuntaskan ambisi Iwan Bule meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.