Liga Indonesia

Melihat 7 Agenda Besar Terdekat Timnas Indonesia yang Menanti Ketua Umum PSSI Iwan Bule

Sabtu, 2 November 2019 20:19 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© mochamadiriawan84
Sejumlah agenda besar Timnas Indonesia sudah menanti Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Copyright: © mochamadiriawan84
Sejumlah agenda besar Timnas Indonesia sudah menanti Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

INDOSPORT. COM - Sejumlah agenda besar Timnas Indonesia sudah menanti Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, akhirnya resmi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI untuk jangka waktu empat tahun ke depan. Ia terpilih dalam acara Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (02/11/19) siang tadi.

Menduduki jabatan Ketua Umum PSSI, membuat Iwan Bule dihadapkan kepada sejumlah agenda besar Timnas Indonesia. Beberapa kompetisi sepak bola internasional bergengsi memang akan segera diikuti Skuat Garuda dalam waktu dekat.

Awal bulan November ini saja, tepatnya tanggal 6 sampai 10 mendatang, Iwan Bule harus memantau Timnas Indonesia U-19 yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Target lolos cukup realistis untuk didapatkan, sebab semua perhelatan laga bakal dilangsungkan di Jakarta.

Berlanjut ke akhir bulan November, Iwan Bule akan mengurusi kiprah Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019. Bertandang ke Manila, Filipina, PSSI era kepemimpinan Iwan Bule diharapkan bisa mendulang medali emas yang terakhir kali didapatkan Timnas Indonesia pada 1991 silam.

Belum berhenti sampai di situ, Iwan Bule juga harus membagi fokusnya untuk Timnas Indonesia level senior. Seperti yang kita ketahui bersama, Timnas Indonesia kini sedang berjuang di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ada empat laga sisa lagi yang akan dimainkan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Babak Kedua Zona Asia Grup G. Sejauh ini, kiprah Timnas Indonesia hanya bisa menempati posisi juru kunci setelah menelan empat kekalahan beruntun dari para pesaingnya, Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Khusus untuk Timnas Indonesia level senior, kehadiran Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI yang baru diharapkan bisa membawa kebangkitan. Maklum saja, Kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini sekaligus menjadi ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Minimal Iwan Bule harus bisa membuat kebijakan yang mengantarkan Timnas Indonesia menjaga peluang lolos ke Piala Asia 2023. Duduk di peringkat tiga klasemen akhir, jadi target paling realistis yang bisa digapai.

Timnas Indonesia level senior tahun depan juga akan mengikuti kompetisi Piala AFF 2020. Juara, jelas jadi kata yang wajib digapai Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Ketum PSSI Iwan Bule.

Agenda terakhir yang paling krusial untuk disukseskan Iwan Bule adalah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia dipercayakan FIFA untuk menjadi tuan rumah, dan Iwan Bule selaku Ketum PSSI diharapkan bisa meraih prestasi membanggakan bagi Skuat Garuda, serta menyelenggarakan kompetisi dengan baik.

Berikut Sejumlah Agenda Besar Terdekat Timnas Indonesia yang Harus Disukseskan Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI:

1. Kualifikasi Piala Asia U-19 2020: Timnas Indonesia U-19 

2. SEA Games 2019: Timnas Indonesia U-22

3. Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia

4. Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia

5. Piala AFF 2020: Timnas Indonesia

6. Piala Asia U-16 2020: Timnas Indonesia

7. Piala Dunia U-20 2021: Timnas Indonesia U-20