Liga Indonesia

Performa Timnas Jadi Alasan Fary Francis Mundur dari Caketum PSSI

Sabtu, 2 November 2019 11:46 WIB
Penulis: Ade Gusti, Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fary Djemy Francia menyatakan mundur dari pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2024 pada Kongres PSSI, Sabtu (02/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fary Djemy Francia menyatakan mundur dari pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2024 pada Kongres PSSI, Sabtu (02/11/19).

INDOSPORT.COM – Buruknya performa Timnas Indonesia membuat Fary Djemy Francis akhirnya memutuskan mundur dari  pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Fary Djemy Francis bersama dengan enam orang lainnya resmi mundur sebagai Calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Keputusan itu diambil ketika Kongres PSSI digelar di Hotel Shangrila, Jakarta pada hari ini, Sabtu (02/22/19).

Selain Fary Francis, ada enam orang lainnya yang juga memutuskan untuk mundur. Mereka adalah Aven Hinelo, Beny Erwin, Benhard Limbong, Sarman el Hakim, Vijaya Fitriyasa, dan Yesayas Oktavianus.

“Kami menarik diri untuk tidak mengikuti kongres. Kami capek dengan Timnas Indonesia yang buruk dan untuk itu kami mau ada perubahan,” kata Fary Francis kepada awak media, termasuk INDOSPORT.

“Ada Pak Yesayas, Vijaya, Aven, Sarman yang mundur. Setelah ini kami akan duduk bicara, kami ingin PSSI berubah,” sambung Mantan Ketua Komisi V DPR RI itu. 

Tak bisa dipungkiri, performa Timnas Indonesia saat ini tengah jadi sorotan. Apalagi mengingat kans Timnas melaju ke Piala Dunia 2022 makin meredup usai kalah dalam tiga laga kualifikasi Piala Dunia terakhir.

Timnas asuhan Simon McMenemy gagal meraih poin setelah dibantai secara menyakitkan oleh tiga lawannya, yakni Malaysia, Thailand dan terakhir Uni Emirat Arab.

Dengan demikian sampai saat ini hanya tersisa empat kandidat Ketua Umum PSSI, yakni Iwan Bule, La Nyala, Arif Putra, dan Rahim Soekasah. Keempat calon tersebut sampai saat ini masih bertahan di Kongres PSSI.

Selain agenda pemilihan Ketua Umum, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI juga akan memilih  2 Wakil Ketua Umum PSSI dan 12 anggota Komite Komite Eksekutif (Exco) PSSI.