Liga Indonesia

Edson Tavares Bongkar Alasan Eks LaLiga Melempem di Persija

Minggu, 3 November 2019 14:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares, memberi komentar soal performa jebolan akademi LaLiga, Joan Tomas, yang tak kunjung bersinar di Shopee Liga 1 2019. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares, memberi komentar soal performa jebolan akademi LaLiga, Joan Tomas, yang tak kunjung bersinar di Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares, memberi komentar soal performa jebolan akademi LaLiga, Joan Tomas, yang tak kunjung bersinar di Shopee Liga 1 2019.

Gelandang asing Persija Jakarta, Joan Tomas, masih belum menemukan performa terbaiknya sejak didatangkan di putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Mantan pemain Villarreal tersebut kalah saing dengan pemain lokal dan masih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Menyoal hal itu, pelatih Persija, Edson Tavares, kemudian memberikan penjelasan. Pria asal Brasil tersebut mengatakan Joan Tomas memang belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia dan itu membuatnya sulit kembali ke performa terbaik.

"Saya pikir semua pemain baru, mereka memiliki masalah pastinya. Akan tetapi, di sini banyak orang yang berkomentar. Saya pikir pemain baru butuh adaptasi dengan sepak bola di sini, dan masalah Joan sekali lagi masalah adaptasi (seperti makanan, cuaca, maupun kultur disini)," jelasnya.

Meski begitu, Edson Tavares meyakini Joan Tomas akan kembali ke performa terbaik. Pelatih berkaca mata itu melihat Joan punya kualitas yang mumpuni dan sejauh ini perkembangannya cukup memuaskan.

"Akan tetapi, saya pastikan step by step dia ada perubahan positif. Apalagi semua tahu dia memiliki kualitas bagus. Saya terus memberikan dia kesempatan begitu juga dengan pemain lain," tuturnya.

Selama di putaran kedua Liga 1 2019, Joan Tomas telah memainkan delapan pertandingan dan belum mencetak mampu gol ataupun asisst. Pemain asal Spanyol itu kerap dimainkan dari bangku cadangan di Persija Jakarta dengan total menit bermain, 391 berdasarkan catatan laman Soccerway.