In-depth

Dari Degradasi hingga Target 5 Besar, Persipura Bisa Saja Juara Liga 1

Senin, 4 November 2019 13:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© ceposonline/goal
Jangan heran duet Boaz Solossa dan Jacksen F Tiago di Persipura bisa kejutkan Liga 1 2019. Foto: ceposonline/goal Copyright: © ceposonline/goal
Jangan heran duet Boaz Solossa dan Jacksen F Tiago di Persipura bisa kejutkan Liga 1 2019. Foto: ceposonline/goal

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura kini terus menunjukkan kebangkitan mereka bersama sang pelatih, Jacksen F. Tiago dari yang terpuruk di zona degradasi hingga kini berpeluang juara Liga 1 2019.

Pada pertandingan terakhir Liga 1 mereka, Persipura Jayapura berhasil melumat Madura United dengan status tim tamu di Stadion  Gelora Madura Ratu Pamelingan, Minggu (03/11/19) kemarin.

Dua gol tim asuhan Jacksen F. Tiago dicetak oleh Muhammad Tahir dan Titus Bonai. Sementara Madura United tampil tak berkutik saat menghadapi Persipura, bahkan Marckho Merauje harus menerima kartu merah di akhir pertandingan.

Kemenangan atas Madura United, membuat Persipura naik ke peringkat ke-3 klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 43 poin. Kini mereka hanya berjarak satu poin untuk menggeser Madura United dari posisi runner-up.

Jika Madura United sangat mungkin untuk digeser, nampaknya Persipura sudah bisa menargetkan untuk menyingkirkan Bali United dari puncak klasemen dan menjuarai Liga 1 musim ini.

Gelar juara Liga 1 memang bisa dibilang masih belum dikunci oleh Bali United, oleh karena itu Persipura masih punya peluang jika memang mempertahankan penampilan konsistennya.

Lantas apa saja faktor yang membuat Persipura Jayapura masih punya peluang untuk menggeser Bali United dan menjadi juara Liga 1?

Kebangkitan Persipura Jayapura Bersama Jacksen F. Tiago

Kebangkitan Persipura Jayapura di tangan Jacksen F. Tiago benar-benar terasa, mungkin semua pecinta sepak bola Indonesia juga paham kenapa tim berjuluk Mutiara Hitam ini pantas jika nantinya jadi juara.

Bayangkan saja, sejak memainkan pertandingan debutnya melatih Persipura saat menghadapi Madura United pada pekan ke-9 tanggal 16 Juli 2019 lalu, mereka hanya menelan dua kekalahan dari total 17 pertandingan.

Bahkan setelah kemenangan atas Madura United di pekan ke-26 kemarin, Persipura mencatatkan rekor tak terkalahkan terpanjang mereka. Kini mereka sudah tanpa kekalahan dalam 6 pertandingan beruntun, dengan hanya sekali imbang, semua berakhir kemenangan.

Meski disebut akan memasuki pekan ke-27 Liga 1, nyatanya Persipura Jayapura baru memainkan 24 pertandingan sejauh ini. Otomatis, yang tersisa adalah 10 pertandingan, jumlah yang sama dengan sisa laga Bali United, sang pemuncak klasemen.

Selisih Persipura dengan Bali United berjarak 12 poin saat ini, sementara dengan jumlah pertandingan yang dimiliki kedua tim, masih ada setidaknya 30 poin yang bisa dicapai.

Target Persipura Bersama Jacksen F. Tiago Selalu Meningkat

Dengan 30 poin yang masih diperebutkan dan juga mengingat penampilan Persipura yang bahkan hanya kalah 2 kali dalam 17 laga terakhir mereka, tentunya peluang juara Liga 1 terbuka lebar.

Selain itu, faktor lainnya adalah target yang dicanangkan oleh manajemen Persipura sejak menunjuk Jacksen F. Tiago pada pertengahan Juli 2019 lalu.

Ya, pada Juli 2019, Jacksen F. Tiago memang menggantikan Luciano Leandro yang dinilai menjadi biang kerok atas keterpurukan Persipura Jayapura di awal Liga 1 2019.

Memang saat Jacksen datang kembali ke Persipura jelang pekan ke-9, Mutiara Hitam terdampar di urutan ke-17, yang sangat jelas itu adalah zona degradasi.

Saat ditunjuk pun, Jacksen mengaku bahwa manajemen awalnya meminta dirinya untuk membawa Persipura Jayapura mengakhiri musim dengan berada di 10 besar.

"Target awal dari manajemen tadinya 10 besar, tapi seiringnya berjalan waktu, mereka minta lima besar," ucap Jacksen kepada Antara.

Target 10 besar ditebus oleh Jacksen saat Persipura Jayapura menang 2-0 atas Kalteng Putra di pekan ke-14, dengan langsung naik ke peringkat ke-8.

Sementara itu adanya peningkatan target ke lima besar juga langsung dijawab oleh Jacksen saat menang 2-1 atas Semen Padang di pekan ke-25 Liga 1. Kini mereka berada di urutan ketiga klasemen sementara.

Oleh karena itu, sangat mungkin jika manajemen mencoba memasang target juara Liga 1 kepada Jacksen. Apalagi mengingat performa Persipura Jayapura terus menanjak.

1