In-depth

Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Edson Tavares, Misi Selamatkan Persija

Senin, 4 November 2019 11:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Persija Jakarta
Edson Tavares resmi jadi pelatih Persija Jakarta Copyright: © Persija Jakarta
Edson Tavares resmi jadi pelatih Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Pelatih Terbaik Liga 1 pekan ke-26 pilihan INDOSPORT jatuh kepada Edson Tavares pelatih yang punya misi menyelamatkan Persija Jakarta dari zona degradasi.

Ya, misi itu mulai menunjukkan hasil melihat jalannya pertandingan Liga 1 pekan ke-26 antara Persija vs TIRA Persikabo dengan kemenangan 2-0 untuk Macan Kemayoran.

Persija Jakarta berhasil membuat TIRA Persikabo bertekuk lutut berkat dua gol dari Xandao dan Marko Simic di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (03/11/19) kemarin.

Keberhasilan Persija Jakarta mencatatkan kemenangan dua gol tanpa balas dari TIRA Persikabo tentu saja tak luput dari tangan dingin Edson Tavares.

Apalagi bermain di hadapan para Jakmania, pendukung setia mereka, Persija tampil agresif dan bermain menekan di awal pertandingan. Babak pertama sangat banyak peluang coba diciptakan Persija.

Salah satunya adalah permainan atraktif yang membuat Sandi Sute punya peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper TIRA Persikabo. Sayang penyelesaian masih jauh dari kata baik.

Kecerdasan Edson Tavares juga kembali ditunjukkan lewat keputusannya menarik keluar Joan Tomas dan memasukkan Riko Simanjuntak. Serangan demi serangan makin deras ke pertahanan TIRA Persikabo.

Hingga akhirnya Persija memecah kebuntuan saat serangan mereka dimentahkan pertahanan TIRA Persikabo dan menghasilkan tendangan bebas. 

Menit ke-52, umpan silang dari Heri Susanto dari sepakan sisi kiri berhasil menemui dan ditanduk dengan mantap oleh Xandao. Skor 1-0 untuk Persija.

Serangan balik yang diterapkan Tavares dengan mengandalkan kecepatan Heri Susanto dan Riko Simanjuntak benar-benar membuat TIRA Persikabo kewalahan.

Gol kedua juga terjadi karena serangan balik mengandalkan kecepatan lari Heri Susanto yang akhirnya melepaskan umpan congkel tarik dan langsung ditanduk oleh Marko Simic.

Ditanyai kunci sukses kemenangan Persija, Edson Tavares juga seperti ogah jumawa. Dirinya langsung fokus pada pertandingan selanjutnya menghadapi Semen Padang.

"Kami main hari ini, lusa kami main di Padang, tiga hari kemudian kami punya pertandingan lagi. Jadi kami putuskan mengubah komposisi pemain dan saya sangat puas dengan performa pemain, ini sangat penting," imbuhnya.

Kemenangan ini tentu akan sangat penting untuk Persija Jakarta. Apalagi dengan mengalahkan TIRA Persikabo, Edson Tavares berhasil membawa timnya keluar dari zona degradasi Liga 1 untuk sementara waktu.