Bola Internasional

Bakal Ada Liga Champions ASEAN, Juaranya Bisa Ikut Piala Dunia Antarklub

Selasa, 5 November 2019 19:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© sepakbola.com
logo AFF Copyright: © sepakbola.com
logo AFF

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) berencana untuk membuat kompetisi baru yaitu Liga Champions ASEAN 2020 mendatang. Nantinya klub peringkat 1 dan 2 dari kompetisi domestik bisa mengikuti ajang tersebut.

Dilansir INDOSPORT dari Foxsportasia, AFF akan mengelontorkan dana sebesar 500 ribu USD atau setara 6 milliar rupiah untuk klub yang berhasil menjadi juara. Nantinya gelaran tersebut akan diberi nama ASEAN Club Championship (ACC).

“ACC akan menjadi kompetisi besar berikutnya di kawasan ini setelah AFF Suzuki Cup yang sangat sukses,” kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

Program ini dibuat karena mendapatkan dukungan dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Nantinya FIFA bakal memperluas jaringan supaya banyak klub yang bisa mengikuti Piala Dunia Antarklub pada 2021 mendatang.

"Prospek bermain di Piala Dunia Antarklub diperluas dan FIFA akan memperluas jaringan yang lebih besar terhadap liga dan klub di semua kawasan sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem sepak bola di Asia Tenggara," ujar Khiev Sameth.

Khiev juga menambahkan kalau dirinya sudah melakukan pertemuan dua kali dengan Presiden FIFA demi membahas rencana tersebut.

“Kami sudah bertemu dan membahas hal ini, karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk memastikan tidak ada konflik dalam penjadwalan dengan liga domestik, perlengkapan FIFA dan AFC termasuk dari perluasan Liga Champions AFC,” ucap Khiev.

“Kami juga harus melihat hal-hal penting lainnya seperti branding, hadiah uang, dan format kompetisi. Kemudian, ada negosiasi dengan berbagai mitra komersial selama beberapa bulan terakhir sebelum mendapatkan persetujuan dari Dewan AFF,” tuturnya menambahkan.

Bila nantinya kompetisi ini resmi berjalan pada 2020, klub perwakilan dari Liga 1 2019 Indonesia bakal menjalani jadwal super sibuk. Akan ada lima kompetsi yang harus dijalani yaitu Liga Champion Asia (juara 1 Liga I) dan Piala AFF jika juara II Liga I, Liga AFF Championship (diikuti 20 klub terbaik negara ASEAN), Piala Presiden 2020, Piala Indonesia, dan Liga 1 2020.

Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji

1