Liga Indonesia

AFF Awards 2019: Indonesia Jadi Penonton, Vietnam Kuasai Penghargaan

Rabu, 6 November 2019 21:45 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© sepakbola.com
logo AFF Copyright: © sepakbola.com
logo AFF

INDOSPORT.COM - Acara untuk memberikan penghargaan bagi pelaku sepak bola di Asia Tenggara yang diberi nama AFF Awards 2019 akan digelar di Hanoi, Vietnam, pada Jumat (8/11/19) malam.

AFF Awards merupakan event dua tahunan dan Indonesia menjadi tuan rumah pada 2017 silam. Malaysia menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah (2013), kemudian Myanmar (2015).

Dilansir dari Fox Sports Asia, terdapat 16 penghargaan untuk pemain, pelatih, wasit sepak bola, dan futsal, yang terbagi kategori laki-laki dan perempuan.

Vietnam diprediksi bakal mendominasi penghargaan karena prestasi gemilang selama 2018-2019. Di bawah asuhan Park Hang-seo, mereka sukses menjuarai Piala AFF 2018 dan menembus 100 besar rangking FIFA.

Pada 2017, Thailand juga sukses mendominasi penghargaan usai berhasil meraih gelar juara Piala AFF 2016. Saat itu Indonesia juga mendapatkan beberapa penghargaan.

Pada acara yang digelar dua tahun silam di Bali, Almarhum Kardono mendapat penghargaan “AFF Dato Sri Paul Mony Live Service Award”. Penghargaan ini diberikan atas komitmen, dedikasi, dan kontribusinya terhadap pengembangan sepak bola di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Penggawa timnas Indonesia juga mendapatkan penghargaan, antara lain Kurnia Meiga Hermansyah, Rizki Rizaldi Pora, Stefano Lilipaly, dan Boas Solossa yang berhasil masuk dalam Tim Terbaik AFF 2016. Anugerah “Best Goal In The AFF Suzuki Cup 2016” juga jatuh ke tangan Andik Vermansah.

Namun, acara tahun ini sepertinya Indonesia hanya akan menjadi penonton. Hal itu mengingat raihan prestasi buruk selama 2018-2019. Dilansir dari media Vietnam, Zing.vn, tak ada wakil dari Indonesia di ajang penghargaan dua tahunan itu.

Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji