In-depth

Rizky Eka Pratama, Permata PSM Makassar yang Mulai Dilirik Timnas U-23

Rabu, 6 November 2019 21:15 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Aksi Rizky Eka Pratama melawan Madura United dalam pertandingan Liga 1 2019. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Aksi Rizky Eka Pratama melawan Madura United dalam pertandingan Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Penyerang sayap belia milik PSM Makassar, Rizky Eka Pratama, yang menjadi permata temuan pelatih Darije Kalezic dalam kariernya di Indonesia. Belakangan dia mulai dilirik tim nasional Indonesia.

Tampil konsisten pada delapan laga beruntun, Rizky mencuri perhatian pelatih timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Sebab, ia secara perlahan menyisikan para seniornya, yakni Zulham Zamrun dan Muhammad Rahmat di tim utama PSM.

Bersama Ilija Spasojevic, pemain berusia 19 tahun itu akan didaftarkan PSSI ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk membela timnas U-23 di ajang SEA Games Filipina 2019 mulai 25 November nanti.

Keduanya diproyeksikan menggantikan Manahati Lestusen (Tira-Persikabo) dan Septian Bagaskara (Persik Kediri) yang mengalami cedera. Mereka akan bersaing dengan 38 pemain yang telah lebih dulu bergabung sebelum dipadatkan menjadi 20 pemain.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, menyebut pemanggilan pemain asal Kabupaten Bone itu merupakan langkah yang sangat tepat dilakukan PSSI dan timnas Indonesia U-23.

"Saya sangat bangga dengan perkembangan Rizky Eka. Dia menjadi yang terdepan untuk dipanggil ke timnas. Menjadi langkah yang masuk akal bagi timnas Indonesia memanggilnya," ucap Darije, Selasa (5/11/19).

Rencana PSSI mendaftarkan Rizky Eka ke KOI disambut baik oleh CEO PSM, Munafri Arifuddin. Ia bahkan tidak ragu melepas pemilik nomor punggung 24 meskipun saat ini klubnya sedang mengalami krisis pemain.

"Sampai sekarang belum ada surat resmi yang diterima terkait Rizky Eka Pratama, tapi kalau sudah ada, mau tidak mau kami harus melepas dia ke timnas. Namanya juga panggilan negara, jadi harus direspons," cetus Munafri.

Di sisi lain, saat dimintai keterangan terkait pemanggilan Rizky Eka, Indra Sjafri membenarkannya. Namun, sang pemain belum tentu berlaga di SEA Games karena ia akan memilih 20 pemain terbaik saja.

"Rizky belum tentu lolos, kami baru mau lihat seperti apa dia bermain di level timnas. Apakah dia bisa tetap konsisten tampil baik seperti saat bermain di klubnya," imbuh Indra Sjafri kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via pesan singkat Whatsapp.

Rizky Eka terus menjadi topik pembicaraan di kalangan suporter PSM bahkan setanah air. Meskipun masih belia dan baru menjalani musim perdana di Shopee Liga 1 2019, dia tampil percaya diri setiap kali dimainkan.

Kapten PSM Makassar U-19 musim lalu itu memang belum mencetak satu pun gol di Liga 1 2019, namun ia telah mengarsiteki empat gol tim di musim ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%