In-depth

Profil Hong Kong, Lawan Kedua Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia 2020

Kamis, 7 November 2019 14:09 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© offside.hk
Pertandingan kedua di Grup K Kualifikasi Piala Asia 2020 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (08/11/19) pukul 19.00 WIB besok malam. Copyright: © offside.hk
Pertandingan kedua di Grup K Kualifikasi Piala Asia 2020 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (08/11/19) pukul 19.00 WIB besok malam.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kedua di Grup K Kualifikasi Piala Asia 2020 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (08/11/19) pukul 19.00 WIB besok malam.

Perjalanan skuat asuhan Fakhri Husaini untuk menembus Piala Asia U-19 2020 sudah dimulai dengan laga pertama menghadapi Timor Leste pada Rabu (06/11/19) kemarin sore.

Timnas Indonesia U-19 berhasil menang dengan skor 3-1 atas Timor Leste, dengan dua gol dari Muhammad Fajar Fathur Rahman dan satu gol dari sang kapten, David Maulana.

Dengan kemenangan kemarin, Timnas Indonesia U-19 saat ini bertengger di puncak klasemen sementara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 dengan raihan 3 poin.

Calon lawan Timnas Indonesia U-19, yaitu Hong Kong sukses bermain imbang 1-1 menghadapi Korea utara, salah satu negara Asia Timur yang kita kenal cukup kuat secara karakter permainan.

Karena kualifikasi Piala Asia U-19 2020 ini bersifat home tournament, kini tersisa dua laga. Di mana pertemuan menghadapi Hong Kong harus dikalahkan, karena laga terakhir kontra Korea Utara akan terasa sangat berat.

Lantas seperti apa kekuatan Hong Kong yang siap menyulitkan Timnas Indonesia U-19 di laga besok? Berikut INDOSPORT coba beritahu profil singkat.

Peta Kekuatan dan Skuat

Kekuatan Timnas Hong Kong mungkin terletak pada kemampuan mereka mengatur pola serangan dengan menggabungkan ketenangan dan kekompakan dari lini tengah ke lini depan.

Kita bisa melihat gelandang mereka yang memakai ban kapten di lengannya, yaitu Chan Shinichi dengan nomor punggung 10. Terlihat sekali bahwa dia memang playmaker andalan untuk Timnas Hong Kong.

Apalagi saat gol Hong Kong ke gawang Korea Selatan yang dicetak oleh Lau Ka Kiu. Shinichi melebarkan bola dengan tenang dan akurat ke sisi kanan serangan Hong Kong, yang hingga akhirnya bola sampai dan diselesaikan dengan baik oleh Shinichi.

Saat bertahan mati-matian jelang pertandingan berakhir, untuk menghindari kekalahan, para pemain Hong Kong juga turun ke pertahanan tak peduli posisi mereka.

Alhasil mereka bisa menahan imbang 1-1 Korea Utara dan ini akan menjadi modal besar untuk menyulitkan Timnas Indonesia, bahkan jika tak hati-hati kita bisa terpeleset.

Skuat Timnas Hong Kong U-19:

Kiper: Lo Siu Kei, Ng Wai Him, Ngan Ngo Tin

Bek: Leung Yau Wai, Yip Cheuk Man, Ng Kai Yui, Yang Tsz Pan, Chan Yun Tung, Wong Chun, Wong Yat

Gelandang: Lai Pui Kei, Ng Ka Yeung, Yu Joy Yin, Chiu Wan Chun, Chan Shinichi, Cheng Chun Wang

Penyerang: So Dick On, Lau Ka Kiu, Chang Kwong

Pelatih Hong Kong: Thorlakur Arnason

Pelatih Kepala Timnas Hong Kong juga bukan sosok yang sembarangan, yaitu Thorlakur Arnason. Seorang pelatih berusia 50 tahun asal Islandia yang cukup berpengalaman di sepak bola Eropa.

Arnason sempat melatih klub kasta tertinggi sepak bola Islandia, Fylkir Reykjavik pada musim 2004-2005 silam. Setelah itu dalam beberapa tahun terakhir dia juga berkecimpung di kepelatihan Timnas Islandia.

Bahkan pada periode dari Januari 2017 sampai Maret 2018, Arnason menjabat sebagai manajer Timnas Islandia U-17. Dia juga masuk menjadi salah staf pelatih Timnas Islandia senior yang berlaga di Piala Dunia 2018 lalu.

Tentu pengalamannya di tim nasional yang pernah mengikuti Piala Dunia 2018 lalu, tak bisa dikesampingkan begitu saja. Timnas Indonesia U-19 dan Fakhri Husaini harus berhati-hati.

Player to Watch: Chan Shinichi

Untuk pemain yang harus diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-19, adalah kapten Timnas Hong Kong, Chan Shinichi yang bernomor punggung 10.

Mengatur serangan dan juga menjaga transisi permainan dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya, Chan Shinichi punya gaya bermain yang mirip dengan kapten Timnas Indonesia, David Maulana.

Bermain untuk Hong Kong U-19 sejak 2018, ternyata Chan Shinichi juga sudah memainkan debutnya pada Juni 2019 lalu saat menghadapi Chinese Taipei di pertandingan persahabatan.

Shinichi juga sudah mengikat kontrak profesional dengan salah satu klub papan atas Hong Kong, Kitchee FC yang sekarang berlaga di kasta tertinggi, Hong Kong Premier League.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%