Liga Indonesia

Kabar Victor Wibowo, Mantan Duet Tony Gunawan Kini Melatih di Chinese Taipei

Kamis, 7 November 2019 13:35 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Pebulu tangkis Indonesia, Victor Wibowo, terkenal sebagai rekan duet Tony Gunawan. Apa kabarnya saat ini? Copyright: © Stephen Pond - PA Images via Getty Images
Pebulu tangkis Indonesia, Victor Wibowo, terkenal sebagai rekan duet Tony Gunawan. Apa kabarnya saat ini?

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Indonesia, Victor Wibowo, terkenal sebagai rekan duet Tony Gunawan. Apa kabarnya saat ini? Dibandingkan dengan Candra Wijaya, nama Victor memang kurang melekat sebagai pasangan Tony Gunawan di sektor ganda putra.

Bersama Tony, Victor dua kali meraih gelar juara pada 1997 silam. Dua gelar tersebut adalah French Open dan Polish Open.

Dua gelar tersebut hanyalah sedikit cerita dari perjalanan karier bulutangkis Victor. Ia ternyata memilih jalan berbeda dengan Tony yang menjadi warga negara Amerika Serikat.

Sejak 1998, Victor hijrah ke salah satu negara Asia Timur, tepatnya Chinese Taipei. Ia menimba ilmu di sana dan sekaligus menjadi dosen di National Taipei Sport University (NTSU).

Di sela-sela kesibukannya menyelesaikan studi master saat itu, Victor Wibowo aktif menjadi pelatih bulutangkis di sekolah tingkat SMA.

Kariernya sebagai pelatih terus berjalan hingga tercium di ajang Indonesia Open 2019. Di balik kesuksesan Chou Tien Chen meraih juara, ternyata ada peran Victor Wibowo.

Victor ternyata menjadi pelatih Chou Tien Chen. Namun, sang pelatih tak hadir mendampingi anak asuhnya saat menang di final mengalahkan pebulutangkis Denmark, Anders Antonsen.

“Senang bisa kembali ke sini dan meraih gelar, karena pelatih saya saat ini adalah orang Indonesia. Mereka adalah Victor Wibowo dan Medy. Makanya saya senang bisa menang di Indonesia,” ujar Chou pada 21 Juli silam.

Berkat tangan dingin Victor, Chou Tien Chen saat ini menduduki peringkat dua BWF, hanya satu tingkat di bawah pebulu tangkis Jepang, Kento Momota.

Tiga gelar telah diraih anak asuh Victor itu pada 2019, termasuk Indonesia Open. Bukan tidak mungkin, di bawah asuhan Victor Wibowo, prestasi bulutangkis Chinese Taipei bisa melampaui Indonesia.