In-depth

Apa Kabar Prasetyo Hadi? Wasit Penentu Trofi Juara Liga 1 Milik Persija Musim 2018

Jumat, 8 November 2019 17:12 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Bola.com/Robby Firly
Nama Prasetyo Hadi ramai diperbincangkan di pengujung tahun lalu. Pasalnya, wasit asal Surabaya ini menjadi satu-satunya penentu nasib dua tim yang berakhir kontras di penghujung Liga 1 2018. Apa kabar ia? Copyright: © Bola.com/Robby Firly
Nama Prasetyo Hadi ramai diperbincangkan di pengujung tahun lalu. Pasalnya, wasit asal Surabaya ini menjadi satu-satunya penentu nasib dua tim yang berakhir kontras di penghujung Liga 1 2018. Apa kabar ia?

INDOSPORT.COM - Nama Prasetyo Hadi ramai diperbincangkan di pengujung tahun lalu. Pasalnya, wasit asal Surabaya ini menjadi satu-satunya penentu nasib dua tim yang berakhir kontras di pengujung Liga 1 2018. Apa kabar ia?

Prasetyo Hadi adalah pemimpin laga Persija Jakarta atas Mitra Kukar pada 9 Desember 2018. Laga Liga 1 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta itu berakhir dengan kemenangan dramatis 2-1 untuk Macan Kemayoran.

Seusai laga, namanya begitu ramai diperbincangkan. Tidak lain tidak bukan adalah keputusannya memberi penalti bagi  pemain Persija Jakarta, Marko Simic, pada menit ke-17, dan sempat diperdebatkan publik sepak bola nasional.

Tim Macan Kemayoran akhirnya meraih trofi juara kompetisi Liga 1 atas kemenangan krusial tersebut. Sedangkan Mitra Kukar meratapi kesedihan yang luar biasa dengan terdegradasi ke Liga 2 setelah 8 tahun eksis di kompetisi kasta tertinggi.

Apa kabarnya wasit yang dikenal tegas ini? Namanya seakan langsung menghilang dari jajaran wasit yang bertugas di kompetisi Liga 1 mulai musim ini bergulir.

"Halo Mas. Iya, saya Prasetyo Hadi. Sampean (Anda) tidak salah," sapanya kepada INDOSPORT dalam pertemuan di area mixed Zone Stadion Gelora Bangkalan, pasca laga Madura United kontra Persipura, 3 November kemarin.

"Iya benar, bahwa saya menghilang mulai tahun ini. Saya baru pensiun sebagai wasit di Liga 1, di akhir tahun lalu," sambung dia.

Lantas, apa kesibukan dari wasit berusia 46 tahun yang juga prajurit aktif TNI Angkatan Darat tersebut? Pasalnya, dia masih ditemui di kancah sepak bola nasional meski sudah gantung peluit akhir 2018 lalu.

"Saya masuk sebagai tim penilai (kinerja) wasit. Iya, sama seperti Bang Jerry (Elly, eks wasit yang saat ini menjadi Inspektur Wasit Liga 1)," beber dia.

"Sementara kesibukan sehari-hari ya kembali ke barak. Saya masih anggota TNI AD di Kodam V Brawijaya (Surabaya)," wasit dengan sosok lesung pipi tegas itu menambahkan.

Sayang, perjumpaan dengan Prasetyo Hadi itu tidak bisa berlanjut terlalu lama. Sang wasit legendaris mulai era kompetisi Liga Indonesia tahun 2000-an itu bergegas masuk mobil bersama perangkat pertandingan di Madura.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%