Liga Indonesia

Apa Kabar Aldi Al Achya? Wonderkid Persija yang Kini Moncer di Persita

Selasa, 5 November 2019 13:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Media Persita
Selebrasi gol striker Persita Aldi Al Achya (nomor 10) Copyright: © Media Persita
Selebrasi gol striker Persita Aldi Al Achya (nomor 10)

INDOSPORT.COM - Sosok Aldi Al Achya sempat digadang-gadang menjadi stiker andalan Persija pada 2016 silam. Namun takdir berkata lain karena Aldi justru tak bisa menembus skuat utama dan kalah saing dengan striker asing maupun seniornya kala itu, hingga akhirnya kini ia bangkit dan moncer dan Persita Tangerang.

Lepas dari Persija, Aldi memilih kembali ke klub lamanya, Persita Tangerang dan bermain di kasta kedua. Jodoh Aldi rupanya memang bersama tim Pendekar Cisadane, terbukti ia tampil moncer di dua musim terakhir dengan cacatan 20 gol dan kemungkinan masih bisa terus bertambah, lantaran Persita lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Kepada INDOSPORT, Aldi Al Achya kemudian berbagi cerita mengenai suka dukanya di beberapa musim terakhir. Pemain 25 tahun itu mengatakan sudah lebih matang dan dewasa, baik di dalam lapangan maupun luar lapangan.

Kehadiran pelatih Widodo Cahyono Putro yang direkrut Persita musim ini disebut sebagai salah satu alasan Aldi tampil konsisten. Bersama Sirvi Arvani dan Chandra Waskito, ketiganya menjadi trio berbahaya di lini depan tim Pendekar Cisadane dengan torehan 26 gol dari 35 gol yang dilesakan tim sejauh ini.

"Kami kemistrinya sudah dapat sama Sirvi sama Kito. Sebenarnya dari musim lalu, tapi itu Sirvi masih tahap pemulihan dan tahun baru top performnya," katanya menyoal kolaborasi di lini depan Persita.

"Kehadiran coach Widodo juga sangat berpengaruh, karena dari segi teknik masing-masing pelatih kasih arahan khusus dan itu ada perubahan dari tahun lalu. Sekarang menyerang sudah enak, banyak variasinya, jadi makin berkembanglah," imbuh Aldi.

Tiga musim terakhir bersama Persita, Aldi mengaku mengalami banyak perubahan. Satu hal yang paling menonjol adalah sikap dewasa di dalam lapangan, dan hal itu dipengaruhi statusnya yang telah menjadi seorang suami.

"Betul, setelah menikah saya pikirnya lebih dewasa. mainnya juga makin ngerti. Dulu egonya masih tinggi, sekarang mikirnya yang penting tim menang, siapa pun yang bikin gol tak masalah. Beda sama dulu yang maunya bikin gol saja," tutur Aldi seraya tertawa.

"Saya tak masalah tak cetak gol, biar kerja sama dengan Ade jantra dan Kito buat support Sirvi," imbuh penggemar berat AC Milan tersebut.

Musim ini, Aldi memiliki cita-cita dan motivasi tinggi membawa Persita promosi ke kasta atas. Ia ingin menebus kegagalan musim lalu, setelah disingkirkan Kalteng Putra diperebutan tempat ketiga