Bola Internasional

Belum Aman, Ini Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Asia 2020

Sabtu, 9 November 2019 17:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke Piala AFC U-19 2020, masih harus ditentukan lewat pertandingan terakhir Grup K kontra Korea Utara. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke Piala AFC U-19 2020, masih harus ditentukan lewat pertandingan terakhir Grup K kontra Korea Utara.

INDOSPORT. COM - Kans timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia 2020 masih harus ditentukan lewat pertandingan terakhir Grup K kontra Korea Utara, Minggu (10/9/19).

Timnas Indonesia U-19 memang sedang berjuang dalam ajang Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Berada di Grup K, mereka harus bersaing dengan tiga negara lainnya, yakni Timor Leste, Hong Kong, dan Korea Utara.

Sejauh ini, Indonesia U-19 sudah memainkan dua laga. Hasil yang didapat lumayan apik karena mereka mampu melibas Timor Leste serta Hong Kong, masing-masing dengan skor meyakinkan  3-1 dan 4-0.

Berkat kemenangan di dua laga beruntun, timnas U-19 untuk sementara memuncaki klasemen Grup K dengan perolehan enam poin. Pasukan Fakhri Husaini cuma berjarak dua poin saja dari runner-up, Korea Utara.

Melihat tabel klasemen yang seperti itu, peluang lolos Indonesia U-19 berarti hanya bisa diancam oleh Korea Utara. Menariknya, Korea Utara akan menjadi lawan terakhir Bagus Kahfi dkk. di Kualifikasi Piala Asia 2020.

Sekedar informasi, yang berhak mendapatkan tiket otomatis lolos hanyalah pemuncak klasemen saja, sementara ada empat atau lima tiket lolos tambahan lain untuk penyandang status runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-19 yang sudah menempati puncak klasemen jelas punya modal lebih baik ketimbang Korea Utara. Demi bisa memastikan jatah tiket lolos, mereka cukup bermain imbang saja.

Namun, timnas Indonesia U-19 tetap harus berhati-hati. Kubu Korea Utara diyakini akan tampil ofensif karena sangat membutuhkan kemenangan.

Korea Utara kini berada di urutan kelima penyandang status runner-up terbaik. Kondisi ini belum aman, sebab mereka masih bergantung hasil laga Uzbekistan (Grup F) yang notabene tuan rumah Piala AFC U-19 2020.

Andai Uzbekistan mampu menjuarai Grup F, posisi Korea Utara di peringkat kelima runner-up terbaik sudah aman. Akan tetapi jika Uzbekistan gagal meraihnya, tiket lolos dengan jalur runner-up terbaik hanya diberikan kepada empat tim saja, dan artinya Korea Utara bisa-bisa tidak kebagian.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%