Bola Internasional

Tidak Diperkuat Bek Tira-Persikabo, Tajikistan Tumbang dari Malaysia

Minggu, 10 November 2019 13:05 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© fft.tj
Tajikistan menelan kekalahan 0-1 atas Malaysia dalam pertandingan uji coba. Copyright: © fft.tj
Tajikistan menelan kekalahan 0-1 atas Malaysia dalam pertandingan uji coba.

INDOSPORT.COM - Timnas Tajikistan memetik hasil yang kurang memuaskan kala menghadapi Timnas Malaysia dalam pertandingan uji coba di Stadion Nasional Bukit Jalil, Sabtu (10/11/19). Mereka tumbang dengan skor 0-1.

Pertandingan kedua negara itu sebenarnya berlangsung berimbang. Namun, kekuatan menjadi timpang sebelah setelah Tajikistan harus bermain dengan 10 pemain di awal babak kedua.

Kiper Timnas Tajikistan, Rustam Yatimov, diusir oleh wasit setelah memegang bola di luar kotak penalti. Kondisi ini membuat Tajikistan mulai keteteran.

Alhasil, pada menit ke-72, petaka menghampiri Tajikistan. Gawang mereka jebol setelah gagal menghalau sepakan keras dari kaki kiri bintang Johor Darul Ta'zim, Safawi Rasid.

Pelatih Timnas Tajikistan, Usmon Toshev, mengakui bermain dengan 10 pemain menjadi penyebab kekalahan anak asuhnya atas Malaysia. Meski demikian, ia tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya.

"Saya pikir para pemain telah bermain bagus. Sayangnya, kartu merah merupakan penghalang bagi kami untuk mencapai hasil positif," kata Usmon Toshev, dikutip dari Vocketfc.

"Kartu merah tidak mengubah rencana saya, tetapi itu mengubah laju permainan. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal seperti ini sering terjadi dalam sepak bola," lanjutnya.

Tajikistan sendiri tidak diperkuat tiga pemain utama dalam pertandingan tersebut. Salah satunya adalah bek Tira-Persikabo, Khurshed Beknazarov, yang harus bermain di Liga 1 2019.

Sementara dua pemain lainnya adalah pemain yang berkarier di Eropa, yakni Farkhod Vosiyev (Neftekhimik/Rusia) dan Parvizdzhon Umarbayev (Lok. Plovdiv/Bulgaria).

Selanjutnya, Tajikistan akan menghadapi Myanmar dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ketiga pemain itu pun diharapkan segera bergabung.