3 Alasan Kamura/Sonoda Bukan Lawan Sepadan Kevin/Marcus di Final Fuzhou China Open 2019

Minggu, 10 November 2019 08:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Matt Roberts/Getty Images
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, di atas angin bisa membawa gelar Fuzhou China Open 2019. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, di atas angin bisa membawa gelar Fuzhou China Open 2019.

INDOSPORT. COM - Ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, sepertinya bukanlah lawan sepadan untuk pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di final Fuzhou China Open 2019.

Kompetisi bulutangkis Fuzhou China Open 2019 akhirnya mencapai babak final. Pada hari Minggu (10/11/19) ini, laga final di nomor ganda putra mempertemukan wakil Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda kontra pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda lolos ke partai final setelah sebelumnya mengalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia. Sementara Kevin/Marcus melaju ke partai puncak usai melibas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Selayaknya laga final, pertemuan Kevin/Marcus vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda diharapkan publik bisa menghadirkan pertarungan menarik. Potensi terjadinya kejar mengejar angka hingga rubber set, bisa menjadi bumbu yang membuat laga sore nanti patut disaksikan.

Namun kalau hanya berbicara harapan, memang kerap tak sesuai ekspetasi. Kalau soal laga final ganda putra Fuzhou China Open 2019, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda bisa dibilang bukan merupakan lawan sepadan bagi Kevin/Marcus.

Data statistik memperlihatkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda masih tertinggal jauh dari Kevin/Marcus. Ada pula alasan lainnya yang menunjukkan betapa inferiornya Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Peringkat BWF

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda bisa dibilang bukanlah lawan sepadan bagi Kevin/Marcus. Hal itu bisa dilihat dari peringkat BWF keduanya, yang mana Takeshi Kamura/Keigo Sonoda nampak tertinggal.

Seperti yang semua orang tahu, Kevin/Marcus hingga kini masih menjadi pebulutangkis ganda putra nomor satu dunia. Sedangkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda saat ini tercatat menduduki peringkat empat.

Kalah dari segi peringkat BWF ini bisa menjadi faktor yang membuat ciut nyali Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Tinggal dinanti saja dalam jalannya laga nanti, apakah Takeshi Kamura/Keigo Sonoda mampu mengatasi tekanan bertubi Kevin/Marcus?

Head to Head

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda bisa dibilang bukanlah menjadi lawan sepadan bagi Kevin/Marcus di final Fuzhou China Open 2019. Secara head to head pertemuan saja, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda nampak tertinggal jauh dari Kevin/Marcus.

Situs Tournament Software mencatat, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Kevin/Marcus sudah 14 kali bertemu. Rekor pertemuan lantas menghasilkan lima kemenangan untuk Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, dan sembilan sisanya berpihak kepada Kevin/Marcus.

Head to head di dua tahun terakhir juga kian menjelaskan betapa perkasanya Kevin/Marcus atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Total ada tujuh pertemuan di sepanjang tahun 2018-2019, yang mana Takeshi Kamura/Keigo Sonoda hanya bisa menang dua kali, sedangkan Kevin/Marcus mendominasi lima laga lainnya.


Mental Juara

Takeshi Kamura/Keigo Sonoda lagi-lagi terlihat bukanlah menjadi lawan sepadan bagi Kevin/Marcus di laga final Fuzhou China Open 2019. Terutama bila berbicara mental juara, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda terbilang tertinggal cukup jauh.

Lihat saja kiprah kedua pasangan sepanjang BWF World Tour 2019. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda hanya bisa sekali juara dari lima laga final yang dilakoninya, yakni di Singapore Open 2019.

Sedangkan Kevin/Marcus, mental juaranya sudah sangat teruji. Kevin/Marcus tahun ini total sudah mengumpulkan tujuh gelar juara dari tujuh laga final.