Liga Indonesia

Daftar Bintang Asing Liga 1 2019 yang Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rabu, 13 November 2019 08:09 WIB
Editor: Juni Adi
© Complete Sports Nigeria
Logo Piala Dunia 2022. Copyright: © Complete Sports Nigeria
Logo Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COMB - Tidak hanya para bintang lokal saja yang dipanggil memperkuat tim nasional untuk ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, sejumlah bintang asing yang berlaga di Liga 1 2019 juga berpartisipasi. Beberapa nama penggawa impor klub Liga 1 masuk daftar pemain yang membela negara masing-masing di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Beberapa kompetisi sepak bola internasional kini memang tengah memasuki masa jeda internasional. Dalam kalender FIFA, jeda internasional sendiri terdiri dari beberapa pertandingan yang melibatkan tim nasional seperti laga uji coba, turnamen tahunan atau juga kualifikasi.

Di Asia, hampir seluruh tim masuk dalam masa jeda istirahat, karena beberapa pemainnya dipanggil ke Timnas mereka masing-masing untuk berlaga di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal itu berlaku juga untuk kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019. Sebanyak 23 pemain dari masing-masing tim telah dipanggil, untuk melakoni laga Kulifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, pada Selasa (19/11/19).

Namun, rupanya tidak hanya para bintang lokal Liga 1 2019 saja yang akan berlaga untuk memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar itu.

Para pemain asing di Liga 1 juga turun untuk membela Timnas mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ada yang meraih sukses, tidak sedikit juga yang gagal membantu negaranya tampil maksimal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

1. Manuchehr Jalilov

Manuchehr Jalilov adalah pemain asing yang pernah dua musim membela dua klub di Liga 1. Pertama Sriwijaya FC pada 2018, dan sempat memperkuat Persebaya di musim ini. 

Selain itu, ia juga aktif dipanggil ke Timnas Tajikistan untuk melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Karena lebih sering bermain di ajang internasional membuat kontraknya diputus oleh klub terakhirnya, Persebaya.

Kendati demikian, Manuchehr Jalilov tetap bisa bahagia karena Tajikistan berpeluang tampil di putaran final Piala Dunia 2022 karena saat ini mereka bertengger di posisi ke-3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tajikistan mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan, sama dengan perolehan poin Kyrgysztan di posisi kedua hanya saja mereka unggul selisih gol.

2. Ezechiel N'Douassel

Persib Bandung sempat kehilangan striker andalannya, Ezechiel N'Douassel, dalam beberapa laga di Liga 1 2019, lantaran sang pemain harus membela negaranya, Chad untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika.

Ezechiel sempat tampil membela Chad saat menghadapi Sudan pada September 2019 lalu. Namun ia gagal memberikan kontribusi positif, karena negaranya kalah agregat 3-1 dari Sudan. Chad pun harus tersisih.

3. Karl Max Barthelemy

Selain  Ezechiel N'Douassel, salah satu pemain bintang asing yang juga berasal dari Chad adalah Karl Max Barthelemy. Bermain di posisi sebagai penyerang di Semen Padang, Karl Max gagal tampil trengginas bersama negaranya.

Diduetkan bersama Ezechiels, keduanya gagal memberikan kemenangan dalam dua leg melawan Sudan pada September lalu.

Pertama kalah 1-3 dari kandangnya, dan kedua bermain imbang 0-0. Kalah agregat 3-1, Chad pun harus rela tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika.

4. Rohit Chand

Posisi Rohit Chand di posisi gelandang timnas Nepal rupanya tak tergantikan. Ia kerap dipanggil untuk beberapa laga internasional, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Namun pemain Persija Jakarta itu baru memberikan satu kemenangan, dari empat pertandingan yang sudah dilakoninya dan bertengger di posisi ke-4 di grup B, bersama Australia, Yordania, Kuwait, dan China Taipei.

IDS Emoticon Suka
Suka
11%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
11%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
11%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
22%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
22%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%