Bola Internasional

Demi Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong Abaikan Tawaran Klub Liga Jepang dan China

Rabu, 13 November 2019 11:25 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Shin Tae-yong menolak tawaran dari klub Liga Jepang (J-League) dan Liga Super China demi menukangi Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Shin Tae-yong menolak tawaran dari klub Liga Jepang (J-League) dan Liga Super China demi menukangi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMShin Tae-yong ialah salah satu kandidat kuat pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy. Demi menukangi skuat Garuda senior, ia ternyata melakukan sedikit pengorbanan.

Dilansir dari situs SportalKorea, pengorbanan yang dilakukan Shin Tae-yong ialah menolak tawaran dari klub Liga Jepang (J-League) dan Liga Super China. Hanya saja, pria berusia 50 tahun itu tidak mau menyebutkan klub mana saja yang memberikannya jabatan.

Shin Tae-yong mengaku lebih ingin menukangi Timnas Indonesia di kancah internasional. Ia rencananya akan menghadiri laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Indonesia melawan Malaysia (19/11/19) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Namun, kepastiannya menukangi Timnas Indonesia masih berada di tangan PSSI. Pasalnya, induk organisasi sepak bola Indonesia itu juga mengantongi Luis Milla sebagai kandidat kedua. Milla sendiri juga punya peluang besar karena pengalamannya di Indonesia.

Shin Tae-yong mulai disegani publik Korea Selatan usai membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia 2010. Tujuh tahun berselang, ia menukangi Korea Selatan dan berhasil membawa pulang gelar Piala Asia Timur.

Kiprah terbaru Shin Tae-yong bisa dilihat ketika ia menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Meski tak lolos akibat kalah tipis dari Swedia (0-1) dan Meksiko (1-2) di dua laga awal grup, Shin bisa mengalahkan Jerman di laga terakhir dengan skor 2-0.