Bola Internasional

Fenomena Tim Gurem yang Kini Kuasai Papan Atas di 5 Liga Elite Eropa

Rabu, 13 November 2019 08:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Leicester City, Sheffield United, Borussia Moenchengladbach, Cagliari, Angers dan Granada kompak menjadi tim gurem yang kini menguasai papan atas 5 liga elite Eropa. Copyright: © INDOSPORT
Leicester City, Sheffield United, Borussia Moenchengladbach, Cagliari, Angers dan Granada kompak menjadi tim gurem yang kini menguasai papan atas 5 liga elite Eropa.

INDOSPORT.COM - Leicester City, Sheffield United, Borussia Moenchengladbach, Cagliari, Angers dan Granada kompak menjadi tim gurem yang kini menguasai papan atas 5 liga elite Eropa.

Kompetisi musim 2019/20 di 5 Liga eilte Eropa menghadirkan pemandangan menarik. Jika biasanya hanya satu dua klub gurem, di satu dua kompetisi yang bisa mengejutkan papan klasemen. Musim ini justru sejumlah klub terlihat kompak, menguasai papan atas lima kompetisi liga elite Eropa sekaligus.

Liga Jerman

Fenomena tersebut dimulai di Liga Jerman, ketika dominasi Bayern Munchen satu ini bisa dihalangi oleh tim gurem, Borussia Monchengladbach.

Monchengladbach hingga pekan ke-11, masih menguasai puncak klasemen dengan poin 25. Meninggalkan Bayern Munchen yang ada di peringkat tiga dengan 21 poi.

Dominasi Monchengladbach sebagai tim gurem juga diikuti oleh Freiburg yang saat ini ada di peringkat empat dengan poin 21, sama dengan milik Bayern Munchen.

Liga Inggris

Di Liga Inggris, dominasi memang masih dikuasai oleh Liverpool yang bersaing dengan Manchester City dalam perburuan gelar sejak awal musim. Namun di pekan ke-12 ini mencuat setidaknya dua klub gurem di papan atas klasemen.

Pertama adalah Leicester City yang secara mengejutkan bisa menerobos ke peringkat dua, menggeser Manchester city yang kalah dari Liverpool.

Kejutan Leicester city itu disempurnakan oleh klub promosi Sheffield United, yang bisa melewati tim besar seperti Arsenal dan Manchester United, untuk mengunci satu tempat di peringkat lima pada pekan ke-12 Liga Inggris.

Liga Italia

Sama seperti di Inggris, dominasi Juventus dan Inter Milan memang belum bisa disamai oleh klub lainnya di Serie A Liga Italia. Namun untuk sekadar masuk ke papan atas, berhasil diwujudkan oleh klub gurem Cagliari.

Mengandalkan pemain buangan Inter Milan, Radja Nainggolan, Cagliari kini melampaui tim besar macam Napoli, AS Roma, Fiorentina hingga AC Milan. Untuk menduduki papan atas, peringkat empat klasemen Serie A Liga Italia.

Liga Prancis

Sementra di Ligue 1 Prancis, kejutan tim gurem dilakukan oleh Angers. Tim yang musim lalu hanya menduduki peringkat 13 itu memang belum bisa melewati PSG yang kini memuncaki papan klasemen.

Tetapi dengan materi pemain-pemain yang tak dihuni nama tenar, Angers berhasil mengejutkan dengan menduduki peringkat tiga klasemen Ligue 1 Prancis pada pekan ke-13 saat ini.

Liga Spanyol

Di Liga Spanyol, posisi papan atas kini sudah dikuasai oleh tim-tim besar seperti Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Sevilla. Namun beberapa pekan lalu, salah satu tim gurem sempat hadir mengejutkan.

Adalah Granada, klub promosi yang diam-diam bisa menguasai puncak klasemen Liga Spanyol dalam beberapa pekan.  Namun sang kejutan Granada itu tak berlangsung lama, seiring tiga kekalahan berturut yang mereka dapat. Saat ini Granada pun terlempar jauh ke peringkat delapan klasemen pekan ke-13 Liga Spanyol.