Liga Indonesia

Wonderkid Persija Jakarta Bongkar Pengalaman Baru Latihan di Inggris

Rabu, 13 November 2019 12:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© niko_alfriyan
Pemain Garuda Select, Alfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris Copyright: © niko_alfriyan
Pemain Garuda Select, Alfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris

INDOSPORT.COM - Pesepakbola muda yang memperkuat Persija Jakarta U-16, Alfriyanto Nico Saputro membeberkan pengalamannya menimba ilmu sepak bola di Inggris dalam program Garuda Select II.

Menurut Alfriyanto Nico, sepak bola Inggris memiliki perbedaan dalam hal kecepatan dan kekuatan. Hal ini terbukti dengan program awal Garuda Select yakni dengan latihan fisik dan gym.

Kemudian, dalam empat laga uji coba terakhir Garuda Select, setidaknya tim Indonesia sempat mendapat pelajaran bagaimana koordinasi antarpemain dan kecepatan pemain Inggris.

"Ada perubahan yang saya rasakan selama latihan di Inggris, khususnya dari segi permainan. Di sini permainannya cepat dan nggak lama-lama pegang bola, harus kuat juga," ungkap Nico kepada awak media olahraga INDOSPORT.com.

Sebelumnya, Garuda Select sempat menjajal laga ujicoba kontra Burton Albion, Northampton U-18, Mansfield U-18, serta MK Dons U-18. Selain pengalaman tersebut, Nico juga mendapat bekal berharga dari sang pelatih, Dennis Wise dan Des Walker.

"Di sini Nico banyak belajar seperti menahan bola, harus dua sentuhan, nggak boleh satu sentuhan lagi, itu buat pelajaran Nico. Dari situ, enak juga bisa ngasih peluang ke teman atau ikutin keputusan sendiri," paparnya lagi.

Alfriyanto Nico dan penggawa Garuda Select lainnya masih akan melakoni pemusatan latihan dan uji coba di Inggris, termasuk menghadapi berbagai tim akademi sepak bola Inggris seperti Chelsea dan Arsenal, hingga April 2020 mendatang.