Liga Indonesia

4 Stadion Sepak Bola Indonesia Rusak Akibat Gempa Bumi

Jumat, 15 November 2019 16:34 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Catatan Warnet BMI Pacitan
Sedikitnya ada 4 stadion sepak bola Indonesia yang ternyata pernah rusak akibat gempa bumi. Stadion mana saja kira-kira? Copyright: © Catatan Warnet BMI Pacitan
Sedikitnya ada 4 stadion sepak bola Indonesia yang ternyata pernah rusak akibat gempa bumi. Stadion mana saja kira-kira?

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 4 stadion sepak bola Indonesia yang ternyata pernah rusak akibat gempa bumi. Stadion mana saja kira-kira?

Gempa bumi baru saja terjadi di kawasan Maluku Utara dengan berkekuatan 7,4 magnitudo. Menurut BMKG, gempa tersebut berpotensi tsunami.

Gempa bumi belakangan ini kerap melanda kawasan Ambon dan sekitarnya. Hal tersebut membuat deretan bangunan rusak hingga menelan korban jiwa.

Tak jarang gempa bumi turut membuat venue pertandingan sepak bola rusak. Tak hanya di luar negeri, tetapi juga pernah dirasakan stadion Indonesia.

Maka dari itu kali ini kami coba mengulas 4 stadion sepak bola Indonesia yang mengalami kerusakan akibat diterjang gempa bumi.

1. Stadion Haji Agus Salim

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
RACHMAT AFANDI SAAT MENCETAK GOL MENGHADAPI PPLP SUMBAR PADA UJI TANDING DI STADION H AGUS SALIM, PADANG, RABU (21/03/18) Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTRACHMAT AFANDI SAAT MENCETAK GOL MENGHADAPI PPLP SUMBAR PADA UJI TANDING DI STADION H AGUS SALIM, PADANG, RABU (21/03/18)

Markas Semen Padang, yakni Stadion Haji Agus Salim yang terletak di Sumatera Barat ternyata juga pernah rusak akibat mengalami gempa bumi.

Gempa berkekuatan tinggi yang terjadi pada 30 September 2009 silam diketahui merusak hampir keseluruhan fasilitas stadion.

Usai insiden gempa bumi, pemerintah setempat pun langsung mengambil tindakan dengan melakukan renovasi besar-besaran untuk Stadion Haji Agus Salim.

2. Stadion Harapan Bangsa

© YouTube
Tampilan Stadion Harapan Bangsa dari atas. Copyright: YouTubeTampilan Stadion Harapan Bangsa dari atas.

Lalu ada kandang Persiraja Banda Aceh, yaitu Stadion Harapan Bangsa yang diketahui pernah mengalami kerusakan akibat dilanda gempa bumi 8,9 skala richter.

Pada Desember 2004 silam, Stadion Harapan Bangsa menjadi saksi ganasnya gempa bumi yang menimpa Aceh. Bahkan stadion ini mengalami kerusakan cukup parah.

Akibat bencana alam itu membuat FIFA turut memberikan bantuan dana agar Stadion Harapan Bangsa bisa kembali diperbaiki untuk digunakan.

3. Stadion Mandala Krida

© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Stadion Mandala Krida Yoyakarta. Copyright: Abdurrahman Ranala/INDOSPORTStadion Mandala Krida Yoyakarta.

Kemudian ada Stadion Mandala Krida yang juga diketahui pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada Mei 2006.

Gempa terjadi pada kedalaman 33 km pantai selatan Yogyakarta. Homebase PSIM Yogyakarta ini pun terkena dampak yang kurang mengenakkan.

4. Stadion Utama Gelora Bung Karno

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Situasi Jakmania penuhi Stadion Gelora Bung Karno laga AFC Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTSituasi Jakmania penuhi Stadion Gelora Bung Karno laga AFC.

Terakhir ada Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang juga pernah terkena dampak akibat gempa bumi di Banten, Januari 2018.

Gempa berkekuatan 5,2 skala richter ternyata terasa sampai Jakarta dan membuat lantai komplek SUGBK retak, tepatnya arah Tenggara Patung Arjuna.

Bahkan gempa bumi Banten juga membuat seluruh staf SUGBK berhamburan ke luar stadion. Beruntung tak ada korban jiwa saat itu di sekitar SUGBK.

Indonesia merupakan negara yang tak lepas dari rawan gempa bumi. Pasalnya Indonesia berada di titik pertemuan antara tiga lempeng bumi.