Liga Indonesia

Apa Kabar Oswaldo Lessa? Pelatih yang Dua Kali Dipecat Persipura

Jumat, 15 November 2019 14:58 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dok. Oswaldo Lessa
Selain pernah melatih klub Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa pernah merasakan dua kali dipecat oleh klub asal Papua, Persipura Jayapura. Copyright: © Dok. Oswaldo Lessa
Selain pernah melatih klub Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa pernah merasakan dua kali dipecat oleh klub asal Papua, Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola Tanah Air tentu masih mengingat jelas nama Oswaldo Lessa. Selain pernah melatih klub Sriwijaya FC, pelatih asal Brasil ini bahkan harus merasakan dua kali dipecat oleh klub asal Papua, Persipura Jayapura. Lalu, bagaimana kabarnya sekarang?

Pasca didepak dari bangku pelatih Persipura pada Januari 2019 lalu, Lessa tetap melanjutkan rutinitasnya di dunia kepelatihan di kampung halamannya, Kota Niteroi, Rio De Janeiro dengan melatih bibit-bibit muda sepak bola Brasil.

"Saya sekarang di dalam proyek sekretariat sport di kota saya, Niteroi, Rio de Janeiro. Sama, masih tetap melatih, tapi proyek untuk pembinaan usia dini sampai dengan 18 tahun."

"Saya melatih anak-anak dan mengenal kehidupan sepak bola," ungkap Lessa saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (15/11/19).

Sembari melatih pemain sepak bola muda di kota asalnya, Lessa juga berkeinginan untuk melatih klub sepak bola yang berada di benua Asia dan Afrika.

Pasalnya, ia akan melanjutkan kursus kepelatihannya untuk mengambil lisensi A CBF (Federasi tertinggi sepak bola Brasil) pada Desember 2019 nanti.

"Desember tahun ini saya masuk kursus kepelatihan untuk menyelesaikan lisensi A CBF, dan tahun depan saya bisa menjadi pelatih kepala di klub mana pun, di Asia dan Afrika oke-oke saja," ujarnya.

Kendati begitu, Lessa yang sudah berkarir di kompetisi sepak bola Indonesia sejak 2009 silam saat mengawali profesi sebagai pelatih fisik di Persipura itu masih memiliki hasrat terpendam untuk bisa kembali melatih di Indonesia.

Ia merasa kualitasnya masih sangat layak untuk kembali melatih klub sepak bola Indonesia.

"Saya belum mendapatkan klub di Brasil. Tapi benar, saya masih rindu kembali ke Indonesia. Karena saya pikir masih bisa bantu tim dan negara Indonesia," pungkasnya.

Lessa memutuskan kembali ke kampung halamannya di Brasil usai didepak dari kursi pelatih Persipura pada Januari 2019 lalu. Posisinya digantikan oleh kompatriotnya, Luciano Leandro, yang pada akhirnya juga terdepak dan kini digantikan Jacksen F. Tiago.