Liga Indonesia

Perbaiki Rekor Kandang, PSS Sleman Siapkan Perubahan Besar Lawan Borneo FC

Jumat, 15 November 2019 16:55 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, dalam jumpa pers usai laga Liga 1 di Bali United Cafe, Minggu (21/7/19). Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, dalam jumpa pers usai laga Liga 1 di Bali United Cafe, Minggu (21/7/19). Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - PSS Sleman segera menjamu Borneo FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (20/10/19). Kedua pihak sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memantapkan posisi di papan atas klasemen sementara.

Bagi PSS, tambahan tiga poin sangat diperlukan untuk memperbaiki rekor kandang yang terbilang kurang bagus. Mereka hanya sekali memetik poin penuh dalam enam laga kandang terakhir, bahkan satu di antaranya keok 0-3 dari PSIS Semarang saat bertindak sebagai 'tamu' di Maguwoharjo.

Kondisi itu diprediksi membuat pelatih Seto Nurdiyantoro menyiapkan perubahan saat menjamu Borneo FC. Sang juru taktik tak menampik akan adanya langkah itu saat dihubungi redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Perubahan pasti ada, terutama dari sisi mental ya pemain. Artinya dengan kondisi yang sudah aman, saya berharap mereka lebih menikmati saat-saat di atas lapangan," kata Seto, Jumat (15/11/19).

Pelatih berlisensi Pro AFC itu menampik anggapan tentang perubahan besar dari sisi permainan. Baginya, mengubah sistem bahkan formasi sangat tidak memungkinkan, mengingat butuh waktu bagi pemain untuk adaptasi.

"Saya rasa risikonya pasti lebih besar kalau mengubah secara frontal skema permainan. Hanya lebih memberikan pemahaman dan perbaikan cara bermain saja. Terpenting sebenarnya dari sisi mental dan saya selalu menekankan kepada pemain untuk tampil sebaik mungkin," tandas Seto Nurdiyantoro.

PSS Sleman kini masih tertahan di posisi ketujuh klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan perolehan 40 poin. Jika menang akhir pekan depan, tim asal lereng Gunung Merapi itu kembali merangsek ke posisi lima besar.