Liga Indonesia

Alasan PSSI DIY Tunjuk Gatot Barnowo Sebagai Pelatih Tim Putri Pra-PON

Minggu, 17 November 2019 17:35 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Tim Putri PON DIY, Gatot Barnowo Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Tim Putri PON DIY, Gatot Barnowo

INDOSPORT.COM - Asprov PSSI DIY resmi menunjuk Gatot Barnowo sebagai pelatih tim sepak bola putri Pra-PON DIY. Mantan pelatih PSCS Cilacap itu ditargetkan membawa timnya lolos ke PON XX Papua 2020.

Sebelum itu, pelatih asal Magelang lebih dulu menghadapi tantangan Grup 3 Pra-PON DIY di Stadion Sultan Agung, Bantul, 13-17 Desember mendatang. Mereka bersaing berebut satu tiket dengan Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

Manajer tim putri Pra-PON DIY, Saptu Hari, menjelaskan alasan menunjuk mantan pelatih PPSM Magelang itu. Pengalaman sebagai pelatih di kancah sepak bola nasional menjadi salah satu faktor penunjukkan.

"Kami lebih dulu menggelar rapat dengan Asprov PSSI DIY. Akhirnya dalam rapat disetujui nama Gatot Barnowo sebagai pelatih," kata Saptu Hari, Sabtu (16/11/19).

Dia memaparkan, pelatih yang sukses membawa PSCS Cilacap menjuarai ISC B 2016 itu akan didampingi asisten pelatih yang sudah ditunjuk PSSI DIY. Mereka Sudarmaji, Yuyud Pujiarto, dan Wanto sebagai pelatih kiper.

"Gambaran pelatih sudah jadi, untuk posisi pelatih dipercayakan kepada Gatot Barnowo bersama dengan Sudarmaji, Mas Yuyud asisten pelatih, dan pelatih kiper Pak Warto dari Gunung Kidul," ujar Saptu Hari.

Sejauh ini, tim pemandu bakat sudah mengantongi 50 nama sebagai hasil penjaringan Porda DIY 2019. Hanya saja, tak semuanya bisa masuk dalam skuat tim Pra-PON DIY, sebab sebagian di antaranya masih tergabung di PSS Sleman Putri. 

"Ada juga yang ke timnas Indonesia di SEA Games 2019 Filipina. Untuk pertama ini akan kita undang dari seleksi yang sudah dicari di Pra-PON yang tidak terjaring di Liga 1 PSS," tegasnya.