Liga Indonesia

Alasan PSSI Minta McMenemy Tetap Dampingin Timnas Indonesia di Malaysia

Minggu, 17 November 2019 18:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha menjelaskan, Simon McMenemy tetap mendampingi tim saat melawan Malaysia, di laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha menjelaskan, Simon McMenemy tetap mendampingi tim saat melawan Malaysia, di laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Ratu Tisha menjelaskan, Simon McMenemy tetap mendampingi tim saat melawan Malaysia, di laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Bukit Jalil. Namun, statusnya tidak dimasukan dalam skuat karena PSSI telah mendaftarkan Yeyen Tumena sebagai caretaker.

PSSI meminta Simon tetap mendampingi skuat Garuda karena masih dalam proses transisi. Pelatih berpaspor Skotlandia itu diminta datang ke Malaysia meski telah diberhentikan beberapa pekan terakhir dengan alasan untuk memberikan support ke skuat Garuda.

"Dampingi kok, Simon McMenemy ada di sana. Kami harus menghormati keputusan rapat exco. Untuk transisi yang lebih smooth, tidak bisa begitu saja meninggalkan tim harus tetap didampingi karena areanya transisi," ujar Tisha pada awak media berita olahraga.

"Bagaimanapun posisi coach Yeyen itu caretaker, jadi harus tetap ada yang mendampingi. PSSI sangat mengapresiasi sportivitas Simon yang mematuhi apa yang diarahkan oleh Ketum, walaupun rapat Exco memberhentikan dia," imbuh Ratu Tisha.

Selain mengapresisi sikap Simon McMenemy, PSSI pun mengkonfirmasi akan bertemu kandidat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan tersebut akan diberi kesempatan menyampaikan visi dan misinya dan akan diumumkan ke publik.

"Apapun hasilnya pasti kami kasih tahu. Kami harus fair. Semua harus dilakukan di tempat netral, tertutup, jadi enak untuk semuanya dan hasilnya akan kami sampaikan," ujar Tisha.

Shin Tae-yong menjadi kandidat kuat pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy, karena dinilai paham dengan kultur sepak bola Asia. Ia akan bersaing dengan mantan pelatih skuat Garuda, Luis Milla yang juga masuk list PSSI.

Sekadar informasi, bersama Simon McMenemy, Timnas Indonesia sama sekali belum merasakan kemenangan di perhelatan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda selalu kalah saat menghadapi Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.