Bola Internasional

Hasil Pertandingan Kualifikasi Euro 2020 Jerman vs Belarusia: Tiga Poin Penting Der Panzer

Minggu, 17 November 2019 04:50 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Jerman sukses meraih kemenangan kala menjamu Belarusia dalam pertandingan lanjutan Grup C Kualifikasi Euro 2020, di Borussia Park Stadium pada Minggu (17/11/19) dini hari WIB. Der Panzer menang 4-0.

Dominasi Jerman atas lawannya itu sudah terlihat sejak 10 menit awal babak pertama, karena banyak ancaman yang berhasil mereka ciptakan, diantaranya peluang bersih dari tembakan Matthias  Ginter.

Tapi bola masih menyamping tipis dari gawang. Selang beberapa menit kemudian, giliran Toni Kroos yang menebar teror. 

Aksinya membawa bola mendekati tepi kotak penalti, lalu melakukan tembakan keras masih belum juga menjebol gawang Belarusia, karena bola masih menyamping.

Meski terus tertekan, bukan berarti Belarusia tanpa peluang. Mereka beberapa kali memperoleh kesempatan, untuk mencetak gol. Namun masih upayanya masih belum membuahkan hasil.

Setelah Belarusia, Jerman kembali balik memberikan tekanan di pertengahan babak pertama. Tetapi Timo Werner gagal menyelesaikan umpan Serge Gnarby dengan sempurna.

Saat babak pertama sepertinya akan berakhir tanpa gol, tiba-tiba Ginter berhasil memecah kebuntuan. Pemain Borussia Moenchengladbach itu berhasil tuntaskan umpan silang mendatar Gnarby. Skor berubah 1-0 yang bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Jerman kembali langsung mengambil inisiatif serangan. Saat laga baru berjalan empat menit, Jerman kembali mencetak gol.

Goretzka sukses menyelesaikan sodoran matang Kroos untuk mengubah papan skor menjadi 2-0 di menit ke-49. Selang enam menit kemudian, giliran Kroos yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pada menit ke-55, gelandang Real Madrid itu mencetak gol untuk membawa Jerman unggul 3-0. Belarusia sempat mendapat peluang emas untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-75, melalui titik putih.

Sayang, tembakan penalti Igor Stasevich mampu ditepis Manuel Neuer. 10 menit jelang laga bubaran, Der Panzer menambah gol lagi dari kaki Kroos, menit ke-83. Skor 4-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Jerman memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 mendatang, setelah pesaing terdekatnya (sebelum laga ini), Irlandia Utara hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan Belanda.

Jerman kini beranjak ke posisi puncak klasemen Grup C Kualifikasi Euro 2020, dengan 18 poin menggeser Belanda. Sementara Belanda, turun ke posisi kedua dengan 16 poin. Diikuti oleh Irlandia Utara di urutan ke-3 mengemas 13 poin dan Belarusia di posisi buncit dengan 4 poin.

Susunan Pemain:

Jerman

Manuel Neuer; Nico Schulz, Robin Koch, Matthias Ginter, Lukas Klostermann; Toni Kroos, Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Timo Werner, Serge Gnabry, Leon Goretzka.

Belarusia

Aleksandr Gutor; Denis Polyakov, Nikita Naumov, Aleksandr Martynovich, Sergey Matveychik; Ivan Maevski; Igor Stasevich, Pavel Nekhajchik, Stanislav Dragun, Yuri Kovalev; Denis Laptev.