Bola Internasional

Tak Hanya Italia, 4 Negara Ini Juga Tak Tersentuh Kekalahan di Kualifikasi Euro 2020

Selasa, 19 November 2019 11:14 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Euro 2020. Copyright: © INDOSPORT
Logo Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Total ada lima tim yang tampil perkasa alias belum terkalahkan di sepanjang babak Kualifikasi Euro 2020. Siapa saja mereka? 

Sejumlah grup baru saja tuntas menggelar seluruh pertandingan di babak Kualifikasi Euro 2020, dan memastikan diri akan tampil di putaran final Euro 2020 tahun depan.

Saat ini, sudah ada 19 tim yang lolos dari total 24 yakni Inggris, Republik Ceko, Ukraina, Portugal, Jerman, Belanda, Swiss, Denmark, Kroasia, Spanyol, Swedia, Polandia, Austria, Prancis, Turki, Belgia, Rusia, Italia, dan Finlandia.

Dalam perjalanan babak Kualifikasi Euro 2020 ini, ada beberapa negara yang melaluinya tanpa kesulitan berarti seperti Italia. Tim besutan Roberto Mancini itu menyapu bersih 10 pertandingan dengan kemenangan di Grup J.

Korban-korban keganasan Italia diantaranya Finlandia, Liechtenstein, Yunani, Bosnia-Herzegovina, dan Armenia yang satu grup dengannya. Penampilan memukau Italia tidak hanya soal kemenangan, tapi juga urusan mencetak gol.

Gli Azzurri mampu menyarangkan 33 gol ke gawang lawan dan baru kemasukan 4 gol. Catatan itu membuat Italia jadi tim dengan produktivitas gol sangat tinggi, diikuti oleh Belgia (32 gol) dan Inggris (31 gol) di Kualifikasi Euro 2020.

Terkini, Italia menang 9-1 atas Armenia di laga terakhir Grup J Kualifikasi Euro 2020, pada Selasa (19/11/19) di Renzo Barbera Stadium, Palermo, Italia.

Akan tetapi Italia bukanlah satu-satunya negara yang tak terkalahkan di Kualifikasi Euro 2020 ini. Sedikitnya ada empat tim lain yang juga mengalami nasib serupa. Berikut ulasannya:

1. Belgia

Belgia jadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 dari grup I. Kepastian itu didapat Belgia saat menghancurkan San Marino dengan skor 9-0.

Meski menyisakan tiga laga lagi saat itu, poin Eden Hazard cs sulit untuk dikejar tim lainnya sehingga dipastikan lolos. Total sejauh ini mereka sudah mengumpulkan 27 poin dari 9 pertandingan. 

Belgia akan menutup pertandingan Kualifikas Euro 2020 melawan Cyprus pada Rabu (20/11/19) dini hari nanti, di Stadion Raja Baudouin. Kemenangan besar nampaknya akan kembali diraih tim besutan Roberto Martinez itu.

2. Ukraina

Selanjutnya ada Ukraina. Tergabung di grup B yang terbilang sulit karena ada kampiun Portugal, tapi anak asuh Andriy Shevchenko mampu melaluinya dengan catatan mentereng.

Sebab, siapa yang menduga kalau Ukraina bisa lolos ke Euro 2020 dengan hasil sempurna yakni tanpa kekalahan di babak kualifikasi.

Dari delapan pertandingan, Ukraina mendulang enam kemenangan dan dua hasil imbang. Mereka mengakhiri grup B di puncak klasemen, dengan 20 poin. Diikuti oleh Portugal di posisi ke-2 berkat koleksi 17 poin.

Fakta ini juga sukses membantah keraguan publik Ukraina, saat Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih tim nasional mereka pada Juli 2016 lalu karena minim pengalaman. Ukraina sendiri jadi tim ke-5 yang lolos ke Euro 2020.

"Saya sangat senang, tahun ini tahun yang baik bagi kita. Untuk pertama kali dalam sejarah, kami berakhir tak terkalahkan di grup. Sekarang kami akan menunggu undian (Euro 2020) dan mempersiapkan semuanya," ujar mantan juru gedor AC Milan itu dikutip dalam laman resmi UEFA.

3. Spanyol

Kemudian Spanyol. Mengawali babak Kualifikasi Euro 2020 di Grup F dengan mulus usai melibas Norwegia dengan skor 2-1, kemenangan demi kemenangan terus menghampiri Sergio Ramos dan kolega.

Namun performa apik Spanyol yang tak terkalahkan hingga matchday ke-6 sempat tersendat, di matchday ke-7 dan ke-8. Di dua pertandingan itu La Furia Roja hanya bisa bermain imbang melawan Norwegia (1-1) dan Swedia (1-1).

Akan tetapi performa negatif itu langsung diperbaiki, dan Spanyol bangkit di dua laga sisa. Mereka tampil kesetanan hingga bisa mencetak 12 gol, yang diperoleh dari kemenangan melawan Malta (7-0) dan Rumania (5-0).

Total, 10 pertandingan telah tuntas dimainkan oleh Spanyol. Mereka lolos dengan status juara grup F, berkat mengumpulkan 26 poin, dan lolos dengan torehan tak terkalahan (8 menang, 2 imbang). Spanyol jadi tim ke-6 yang lolos ke Euro 2020.

4. Denmark

Negara terakhir yang tampil sempurna di babak Kualifikasi Euro 2020 adalah Denmark. Dari total 8 pertandingan yang dilakoni, tim berjuluk Danish Dynamite meraih 4 kemenangan dan 4 hasil imbang.

Meski tak terkalahkan, Denmark lolos ke Euro 2020 justru sebagai runner-up Grup D, karena berselisih satu poin dari Swiss di puncak yang mendulang 17 poin, sedangkan Denmark 16 poin.

Denmark jadi tim ke-18 sejauh ini yang memastikan diri akan tampil di pesta sepak bola terbesar antara negara di Benua Biru itu tahun depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%