Bola Internasional

Jorginho, Si Jangkar yang Buat Italia Tampil Unbeatable di Euro 2020

Selasa, 19 November 2019 19:49 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© twitter.com/@azzurri
Jorginho merayakan gol tendangan penalti saat pertandingan Kualifikasi Euro 2020 antara Italia vs Yunani, Minggu (13/10/19) dini hari WIB. Copyright: © twitter.com/@azzurri
Jorginho merayakan gol tendangan penalti saat pertandingan Kualifikasi Euro 2020 antara Italia vs Yunani, Minggu (13/10/19) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Intip kiprah Jorginho, sang jangkar gelandang tengah Gli Azzurri yang sukses membawa Timnas Italia tampil tak terkalahkan alias unbeatable di Kualifikasi Euro 2020.

Selama babak kualifikasi, tim besutan Roberto Mancini tersebut sukses menyapu bersih sepuluh pertandingan Grup J dengan hasil kemenangan.

Penampilan memukau Timnas Italia tidak hanya soal kemenangan, tapi juga urusan mencetak gol. Bahkan Gli Azzurri mampu menyarangkan 37 gol ke gawang lawan dan hanya kemasukan 4 gol.

Terkini, Timnas Italia bahkan sukses menang telak 9-1 atas Armenia pada Selasa (19/11/19) lalu, di Renzo Barbera Stadium, Palermo, Italia.

Catatan kemenangan telak itu membuat Italia jadi tim dengan produktivitas gol tertinggi di Kualifikasi Euro 2020 dengan torehan 37 gol, diikuti oleh Belgia (32 gol) dan Inggris (31 gol).

Salah satu kunci keberhasilan Italia tampil unbeatable selain kecerdikan Roberto Mancini adalah kehadiran gelandang tangguh bernama Jorginho, di mana pemain kelahiran Brasil tersebut merupakan pilar tak tergantikan di hampir semua laga Italia di Kualifikasi Euro 2020.

Tercatat Jorginho hanya satu kali absen membela Italia dan sekali tak tampil penuh, sedangkan sisanya atau dalam delapan pertandingan di Kualifikasi Euro 2020 dirinya selalu jadi pilihan utama Roberto Mancini.

Ketangguhan Jorginho terlihat jelas saat laga kontra Armenia kemarin, gelandang Chelsea ini berhasil melepaskan umpan yang akurat hingga mencapai 92%, memenangkan 5 kali duel udara, serta melakukan 4 intersep dan tekel .

Tak cuma sebagai gelandang bertahan, Jorginho juga punya kontribusi besar dalam beberapa gol Italia di Kualifikasi Euro 2020, teranyar ia sukses melepaskan lima umpan yang bisa berbuah gol, dan mencatatkan satu asis dan satu gol dalam laga kontra Armenia.

Apa yang dilakukan Jorginho musim ini memang cukup menakjubkan, pasalnya mantan pemain Napoli ini sempat menjadi bahan cacian fans Chelsea era Maurizio Sarri lantaran gagal mengikuti gaya permainan Liga Inggris.

Namun setelah masuknya pelatih Frank Lampard musim ini, Jorginho benar-benar berubah 180 derajat bahkan mungkin mengalahkan gelandang terbaik Chelsea musim sebelumnya, N'Golo Kante.

Bersama Chelsea dan arahan Lampard musim ini, Jorginho jadi gelandang teratas di Liga Inggris dalam hal melepaskan operan akurat (765 kali), operan per pertandingan (69,5), umpan through pass (12), intersep (108) dan memutus serangan di lini tengah (58).

Dengan catatan tersebut, tak heran namanya sulit digantikan di lini tengah Italia meski skuad Gli Azzurri masih punya sederet nama yang tak kalah mentereng ketimbang Jorginho.

Andai terus menampilkan performa impresif, bukan tak mungkin Jorginho bisa mengembalikan nama besar Italia di kancah sepak bola Eropa, dengan event terdekat adalah menjuarai Euro tahun 2020 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%