Bola Internasional

5 Fakta Usai Pertandingan Malaysia vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rabu, 20 November 2019 08:18 WIB
Editor: Juni Adi
© Media PSSI
Greg Nwokolo menggiring bola di pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Selasa (19/11/19) malam WIB disorot oleh media asing. Copyright: © Media PSSI
Greg Nwokolo menggiring bola di pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Selasa (19/11/19) malam WIB disorot oleh media asing.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta menarik yang lahir usai duel panas Malaysia vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia harus menelan kenyataan pahit kalah bertandang ke markas Malaysia di Stadion Bukit Jalil, dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, pada Selasa (19/11/19) malam WIB kemarin.

Dalam laga tersebut, Skuat Garuda harus tunduk dengan skor dua gol tanpa balas. Dua gol tuan rumah diborong oleh Safawi Rasyid menit ke-30 dan ke-73.

Atas kekalahan ini, posisi Timnas Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen karena belum sekalipun meraih kemenangan dari lima pertandingan.

Sedangkan Malaysia, merangsek ke posisi ke-2 dengan 9 poin, dari lima pertandingan. Mereka melewati Thailand di peringkat ke-2 dan Uni Emirat Arab di peringkat ke-4.

Selain itu, setelah pertandingan Malaysia vs Timnas Indonesia juga tersaji beberapa fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasannya:

1. Debut Pemain

Sebanyak dua pemain baru dipanggil oleh Yeyen Tumena selaku caretaker pelatih Timnas Indonesia, saat menghadapi Malaysia. Mereka adalah Ardi Idrus (Persib) dan TM Ichsan (Bhayangkara).

Namun hanya Ichsan yang diberi kesempatan oleh Yeyen untuk tampil melakoni debut. Ia dimainkan sejak menit awal. Namun ia diganti di babak kedua, menit ke-78 oleh Rizky Pora.

2. Pecahkan Rekor Penonton

Duel Malaysia vs Timnas Indonesia di Stadion Bukit Jalil itu sukses memecahkan rekor penonton di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Total 75.044 penonton hadir dalam pertandingan penuh rivalitas itu. Sebelumnya duel Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, (05/09/19) hanya dihadiri 54.659 penonton.

3. Tak Bisa Menang Dalam 14 Tahun

Timnas Indonesia memperpanjang rekor buruk mereka saat bertemu Malaysia di kandangnya. Skuat Garuda belum pernah menang, lawan Harimau Malaya di Kuala Lumpur selama 14 tahun terakhir. Terakhir Indonesia menang di Kuala Lumpur pada leg kedua semifinal Piala Tiger 2004, 3 Januari 2005. 

4. Tak Pernah Mencetak Gol

Kekalahan 2-0 malam tadi menambah rekor buruk Timnas Indonesia, dimana mereka selalu tidak bisa mencetak gol di kandang Malaysia dalam tiga lawatannya terakhir. Malaysia 2-0 Indonesia (01/12/12), Malaysia 3-0 (26/12/10).

5. Tim Asia Tenggara Terburuk di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia ternyata menyandang status sebagai tim Asia Tenggara terburuk di kualifikasi Piala Dunia 2022. Status itu direngkuh Timnas Indonesia setelah menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara dengan perolehan poin terendah (0 angka).

Bahkan Kamboja yang sempat jadi bulan-bulanan dengan kalah 0-14 dari Iran saja masih sempat mengemas satu poin atas Hong Kong.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%