Bola Internasional

Belanda vs Estonia: Selebrasi Berkelas Wijnaldum dan De Jong Lawan Rasisme

Rabu, 20 November 2019 14:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Penggawa Liverpool, Georginio Wijnaldum, mengajak rekannya di Timnas Belanda, Frenkie de Jong, merayakan gol dengan mengusung pesan anti rasisme, saat melawan Estonia di ajang Kualifikasi Euro 2020, Rabu (20/11/19) dini hari WIB.

Belanda menikmati pesta gol di kandang sendiri, di Amsterdam Arena. Melawan Estonia, Timnas berjuluk Tim Oranye itu berhasil memetik kemenangan dengan skor yang berakhir sangat meyakinkan, yakni 5-0.

Wijnaldum menyumbang tiga gol alias hattrick tepatnya pada menit ke-6’, 66’, dan 78’. Dua gol Belanda lainnya ditorehkan oleh Nathan Ake (18’), dan Myron Boadu (87’).

Tiga gol yang ditorehkan Wijnaldum ini cukup membuatnya jadi Man of the Match. Meski begitu, justru selebrasinya yang menjadi pusat perhatian. Hal ini terlihat pada video yang diunggah akun FutbolBible di Twitter.

Ketika Wijnaldum mencetak gol pertama untuk Belanda, dia pun langsung meminta rekannya, Frenkie de Jong, bergabung dalam selebrasi. Mereka kemudian menunjukkan lengan ke arah kamera untuk menonjolkan dua warna kulit yang berbeda, hitam dan putih.

Selebrasi dua tangan Wijnaldum dan De Jong ini diyakini memuat pesan penting bahwa sudah seharusnya rasisme dihilangkan di dalam sepak bola karena olahraga ini bersifat menyatukan semua orang.

Georginio Wijnaldum sendiri sempat menjadi sasaran empuk pelecehan ras oleh para pendukung Estonia selaa pertandingan tersebut berlangsung. Namun, dirinya tak menggubris ejekan dan membalasnya lewat penampilannya yang gemilang.

Kemenangan atas Estonia mengantarkan Belanda lolos ke putaran final Euro 2020 setelah menjadi runner-up Grup C dengan nilai 19. Sementara Jerman jadi juara di grup C usai menang 6-1 atas Irlandia Utara.