Liga Indonesia

Kronologi Lengkap Kerusuhan yang Warnai Kemenangan Dramatis Persela di Liga 1

Rabu, 20 November 2019 23:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sempat dihentikan karena suporter masuk lapangan dan membakar kertas hingga kemenangan dramatis Persela di Liga 1 2019, berikut kronologi dari INDOSPORT. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sempat dihentikan karena suporter masuk lapangan dan membakar kertas hingga kemenangan dramatis Persela di Liga 1 2019, berikut kronologi dari INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Sempat dihentikan karena suporter masuk lapangan dan membakar kertas hingga kemenangan dramatis Persela di Liga 1 2019, berikut kronologi dari INDOSPORT.

Pertandingan lanjutan Liga 1 antara Persela Lamongan vs Perseru Badak Lampung FC di Stadion Surayaja, Lamongan, Rabu (20/11/19) WIB harus dihentikan pada menit ke-74.

Bertanding di stadion Surajaya markas dari Persela Lamongan, skuat asuhan Nilmaizar berhasil mendominasi jalannya laga dan mampu menghasilkan beberapa peluang emas di sepanjang babak pertama.

Tapi saat babak kedua baru dimulai, tepatnya menit ke-46', sekelompok suporter di tribun utara yang muak dengan permainan Persela melakukan boikot keluar dari stadion.

Mereka bergerombol di pintu keluar dan ramai-ramai bernyanyi yang tentunya ditujukan untuk mengkritik permainan Persela di laga tersebut.

Laga masih berjalan normal hingga turun minum meski kedudukan masih sama kuat 0-0, bahkan selepas jeda dan memasuki menit ke-60' pertandingan masih kondusif.

Namun suasana mulai panas ketika eksekusi tendangan penalti Alex Dos Santos digagalkan oleh kiper Perseru Badak Lampung, Daryono menit ke-71'. Segelintir suporter mulai masuk ke lapangan.

Melihat hal tersebut, wasit langsung meniup peluit instruksi laga Liga 1 malam tadi ditunda. Tak hanya masuk lapangan, suporter Persela juga melakukan aksi pembakaran di beberapa titik tribun.

Sekitar 10 menit kemudian, tepat menit ke-82', wasit meminta para pemain dari kedua tim memasuki ruang ganti pasalnya ribuan suporter memasuki area lapangan. Berikut kronologisnya:

  • Suporter yang marah meluapkan emosi dengan memenuhi area lapangan, merusak papan iklan, merusak jala gawang dan mencoba mengejar wasit.
  • Sekitar 30 menit setelahnya, petugas kepolisian menyerukan kepada suporter untuk memberi jaminan keamanan agar laga kembali dilanjutkan.
  • 30 menit berikutnya, laga kembali berlanjut sejak menit 73 setelah suporter kembali ke tribun, meski pemain Perseru Badak Lampung sempat lama tidak masuk lapangan.

Setelah laga dilanjutkan dari menit ke-73', tensi pertandingan langsung memanas apalagi Fernando Gomes melakukan pelanggaran kasar menit ke-80' waktu normal.

Di penghujung laga, setelah pengumuman tambahan waktu 5 menit, wasit mendekat ke arah Pelatih Perseru Badak Lampung, Milan Petrovic dan salah satu stafnya. Kartu merah dikeluarkan dan satu kartu kuning.

Hingga pada menit ke-93, gol sepakan keras dari Mochammad Zaenuri memastikan kemenangan dramatis Persela Lamongan di pertandingan Liga 1 malam ini.

Tepat menit ke-95, wasit meniup peluit panjang untuk kemenangan 1-0 Persela. Tapi ternyata belum selesai sampai di situ, beberapa anggota tim Badak Lampung mengejar wasit dan perangkatnya untuk menyampaikan protes terhadap sejumlah keputusan yang dianggap kurang tepat.

Melihat sikap para pemain Badak Lampung itu, para suporter Persela yang tersisa di tribun VIP ikut terpancing emosinya dengan melempari pemain lawan beserta berbagai cacian saat memasuki ruang ganti.

Meski kemenangan yang cukup kontroversial nan dramatis ini, Persela Lamongan pun berhasil meninggalkan zona degradasi di klasemen sementara Liga 1 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%